Kore Utara Putuskan Absen di Olimpiade Tokyo 2021, Korea Selatan Beri Tanggapan Ini

- 7 April 2021, 17:14 WIB
Cincin Olimpiade digambarkan di depan markas Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Lausanne, Swiss, 9 Maret 2021. /REUTERS/Denis Balibouse

HALLO BOGOR - Berdalih pandemi Covid-19, Korea Utara memutuskan tidak akan berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo untuk melindungi para atletnya dari virus corona, Selasa, 6 Maret 2021.

Hal ini berbalik dengan peryataan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sebelumnya men kesediaan mengungkapkan kesediannya mengirim atlet negaranya ke Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 yang ditunda hingga tahun ini karena pandemi.

Menurut situs kementerian olahraga negara tersebut, keputusan itu diambil dalam rapat komite Olimpiade Korea Utara yang diadakan di Pyongyang, 25 Maret lalu.

Baca Juga: Kirab Estafet Obor Olimpiade Tokyo Sudah Dimulai dari Kota Fukushima, Saat Pandemi Covid-19

Diputuskan, Korea Utara tidak akan ambil bagian dalam Olimpiade Tokyo untuk melindungi para atletnya dari "situasi krisis kesehatan global" yang terkait dengan virus corona.

Baca Juga: Tujuh Fakta Angka Menarik dalam Kirab Obor Olimpiade, Termasuk Pembawa Obor Usia 118 Tahun

Sejak awal tahun lalu, Korea Utara pada prinsipnya telah memutus lalu lintas ke dan dari China dan Rusia karena kekhawatiran virus corona.

Baca Juga: Wushu Saatnya Ikut Olimpiade 2023, Begini Penjelasan Menpora Zainudin Amali

Pyongyang mengklaim tidak ada kasus virus corona terkonfirmasi di negara itu, yang pertama kali terdeteksi di kota Wuhan di China pada akhir 2019, mungkin menyebar melintasi perbatasannya.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X