Pentingnya Tahu 3 Niat Puasa Bulan Ramadan, Bedakan dengan Puasa Sunah

- 7 April 2021, 22:13 WIB
Ilustrasi berdoa. /Dok. Hallo Media/M. Rifa'i Azhari

HALLO BOGOR - Meski sama-sama menahan diri dari makan minum dan beberapa larangan lain, terdapat perbedaan antara puasa sunah dan puasa wajib di Bulan Ramadan, khususnya tentang niat.

Jika puasa sunah seperti Senin dan Kamis, puasa Syawal enam hari, dan beberapa jenis puasa sunah lain bisa diniatkan setelah Subuh, tidak demikian dengan puasa Ramadan.

Dalam Matan Al Ghoyah wat Taqrib yang ditulis Abu Syuja' rahimahullah, telah dibahas khusus tentang rukun dan niat puasa Ramadan.

Baca Juga: AS Hentikan Pabrik yang Produksi Vaksin AstraZeneca, Alasannya Masih Simpang Siur

Dalam kitab tersebut Al Qodhi Abu Syuja’ rahimahullah mengatakan, bahwa terdapat empat rukun puasa yang jika tidak dilakukan, maka batallah puasanya.

Baca Juga: Beredar Kabar Ada Keppres Darurat Keuangan Negara, Begini Penjelasan Pihak Setneg

“Kewajiban puasa (rukun puasa) itu ada empat: (1) niat, (2) menahan diri dari makan dan minum, (3) menahan diri dari hubungan intim (jima’), (4) menahan diri dari muntah dengan sengaja.”

Baca Juga: 41 Meninggal Dunia dan 27 Warga Masih Hilang, Akibat Banjir Bandang di Flores Timur

Menilik perkataan Abu Syuja’ tersebut, terdapat dua hal yang patut mendapat perhatian, yakni pertama, orang yang menjalankan puasa wajib berniat dan kedua, wajib menahan diri dari berbagai pembatal puasa.

Halaman:

Editor: Satwika Rumeksa


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X