Elektabilitas Prabowo Subianto Paling Tinggi, Menurut Survei indEX

- 17 November 2020, 19:09 WIB
Nama Prabowo Subianto melambung dalam survei, sebagai calon presiden
Nama Prabowo Subianto melambung dalam survei, sebagai calon presiden /Instagram.com/@prabowo

HALLO BOGOR - Meskipun masih tersisa.4 tahun lagi, menuju pemilihan Presiden RI, namun sejumlah nama sudah mulai.disurvei, sebagaimana yang dilakukan oleh Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research.

Nama Prabowo Subianto masih menguasai dan unggul dari pesaing utamanya, yakni Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil.

"Sementara itu naiknya elektabilitas Prabowo juga diikuti dengan melorotnya Anies Baswedan dan Sandiaga Uno," ungkap Direktur Eksekutif indEX Research, Vivin Sri Wahyuni dalam siaran persnya.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar Dicopot, Kapolri Diapresiasi

Habib Rizieq Shihab juga menjadi Temuan baru survei indEX Research, dia menjadi potensi yang kuat sebagai calon Presiden tahun 2024 usai kepulangannya ke Indonesia. Plt Ketua umum PSI Giring Ganesha dan menteri BUMN Erik thohir, nama keduanya ikut berkibar.

"Prabowo unggul dengan elektabilitas 22,3 persen, selain itu muncul pula capres potensial Rizieq Shihab yang menyodok ke angka 9,6 persen," kata Vivin.

Sebelumnya eletabilitas Prabowo mengalami pelemahan pada survei bulan Februari, yang hanya mencapai 21,1 persen, dan semakin turun pada survei bulan Mei, menjadi 19,3 persen, serta 19,6 persen pada Agustus. Hal tersebut menjadikan selisih yang lebar dengan Ganjar dan Kang Emil. Seperti yang dikutip Hallobogor.com dari ANTARA

Baca Juga: Hujan Es dan Puting Beliung, Kawasan Wisata Setu Tamansari Porak Poranda

Kendati demikian, Ganjar terus mengalami kenaikan dari 9,9 persen (Februari) menjadi 14,1 persen (Mei), 14,3 persen (Agustus), dan kini 15,2 persen.

Demikian juga dengan Kang Emil yang semula 7,3 persen (Februari) naik menjadi 8,9 persen (Mei) dan melejit menjadi 12,8 persen (Agustus), meski saat ini mengalami penurunan menjadi 7,8 persen.

Untuk Anies, dari 13,3 persen (Februari) menjadi 13,7 persen (Mei), turun menjadi 10,0 persen (Agustus) dan kini anjlok hanya 4,7 persen. Sedangkan Sandiaga mengalami penurunan terus menerus dari 11,4 persen (Februari) menjadi 10,2 persen (Mei), 8,3 persen (Agustus), dan kini 5,1 persen.

Sedangkan Erick dari 6,1 persen (Februari) menjadi 6,3 persen (Mei), turun kembali menjadi 1,3 persen (Agustus), dan kini naik menjadi 2,2 persen. Sementara itu capres muda Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang sebelumnya hanya mendapat 0,9 persen (Agustus) kini mencapai 1,9 persen.

Baca Juga: Menikmati Kesegaran Curug Ciputri

Halaman:

Editor: Asep Saeful Hidayat

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X