12 Langsung Bebas, Lebih dari 1.000 Narapidana Buddha Terima Remisi Khusus Waisak 2021

- 26 Mei 2021, 12:25 WIB
Ilustrasi remisi khusus narapidana Buddha.
Ilustrasi remisi khusus narapidana Buddha. /Dok. Hallo Media/M. Rifa'i Azhari

HALLO BOGOR - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberikan Remisi Khusus (RK) kepada 1.078 dari 2.069 narapidana Buddha di seluruh Indonesia pada Hari Raya Waisak Tahun 2021.

Hari Waisak diperingati, Rabu, 26 Mei 2021, dari 1.078 penerima RK Waisak, 1.066 narapidana menerima RK I atau pengurangan sebagian dengan rincian 145 orang menerima remisi 15 hari.

Sebanyak 587 narapidana mendapat remisi 1 bulan, 206 narapidana memperoleh remisi 1 bulan 15 hari, dan 2 bulan remisi untuk 128 narapidana.

Baca Juga: Bank Indonesia Bakal Menerbitkan Mata Uang Rupiah dalam Bentuk Digital, Begini Rencananya

"Sementara itu, 12 orang menerima RK II atau langsung bebas usai menerima remisi," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga, Rabu, 26 Mei 2021.

Dia menegaskan remisi diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, seperti telah menjalani pidana minimal 6 bulan.

Juga tidak terdaftar pada register F, serta turut aktif mengikuti program pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara.

Baca Juga: Klub Besar Sepak Bola yaitu Real Madrid, Barcelona dan Juventus Mulai Diproses Hukum UEFA

Ia juga memastikan di tengah pandemi Covid-19, hak-hak narapidana, seperti pemberian remisi, asimilasi dan integrasi, layanan kunjungan online, layanan kesehatan, dll, tetap dilayani.

“Pemberian remisi merupakan wujud negara hadir untuk memberikan perhatian dan penghargaan bagi narapidana untuk selalu berintegritas, berkelakuan baik, dan tidak melakukan pelanggaran."

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Sumber: Humas dan Protokol Ditjenpas Kemenkumham RI


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X