Tiga Lapas Baru Napi Teroris Segera Dibangun di Nusakambangan, Ini Penjelasan Menkumham

- 11 April 2021, 22:33 WIB
Menkumham Yasonna Laoly berencana bangun tiga lapas baru untuk kasus terorisme di Nusakambangan.
Menkumham Yasonna Laoly berencana bangun tiga lapas baru untuk kasus terorisme di Nusakambangan. /Dok.Pikiran-rakyat.com

HALLO BOGOR - Pemerintah akan membangun tiga gedung lembaga permasyarakatan (lapas) baru untuk narapidana terorisme (napiter) di Nusakambangan, Jawa Tengah.

Pembangunan Lembaga Pemasyarakatan khusus teroris ini diperlukan karena adanya komplain terkait kondisi lapas napiter yang sudah penuh (overcapacity).

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly membeberkan jika Tim Densus 88 Anti-teror Polri sebelumnya sudah memiliki lapas untuk teroris yang berlokasi di Cikeas, Bogor.

Baca Juga: Gaya Potongan Rambut Gubernur Ridwan Kamil Jadi Panutan Anak Muda Bandung, Ini Buktinya

Namun keberadaan Lapas milik Densus 88 Polri itu diperntukkan hanya untuk penahanan sementara selama dalam pemeriksaan dan pengawasan penuh.

Baca Juga: Tiga Fakta Penting Seputar Ambruknya Patung Gorila Setinggi 7 Meter di Jatim Park

"Kita telah mendapatkan komplain, mulai dari Polda dan Kejaksaan Tinggi, karena kapasitasnya (lapas) masih agak padat. Tapi, kalau untuk teroris, saya kira masih memiliki tempat khusus," ungkap Yasonna dalam keterangannya, Minggu (11/4/2021).

Baca Juga: Lima Berita Terpopuler, dari Update Berita Gempa Malang hingga Peluang Beasiswa BUMN

"Intinya, dalam dua tahun ini, kita berencana untuk membangun tiga lapas lagi di Nusakambangan, satu lapas itu maximum security yang saya kira sebenarnya akan cukup," tambahnya.

Halaman:

Editor: Satwika Rumeksa

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X