Wapres Tuding Covid-19 Jadi Penyebab Meningkatnya Kemiskinan dan Ketimpangan

- 23 Januari 2021, 22:37 WIB
Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.
Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. /Instagram.com/@kyai_marufamin

HALLO BOGOR - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan bahwa dampak dari pandemi Covid-19 di tanah air akan segera terlihat, salah satunya adalah tingginya tingkat kemiskinan dan ketimpangan sosial.

"Dampak yang akan segera terlihat adalah meningkatnya kemiskinan dan ketimpangan. Itu yang paling segera terlihat," kata Wapres saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) V Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) secara virtual dari Jakarta, Sabtu 23 Januari 2021.

Baca Juga: Gerakan Wakaf Tunai Disebut Langkah Fundamental dalam Transformasi Wakaf di Indonesia

Baca Juga: Wapres Berharap, Ibadah Haji untuk yang Mampu, Jadi Bukan Karena Disubsidi Negara

Menurutnya, bukan hanya sektor kesehatan saja yang terkena dampak pandemi Covid-19, sektor sosial dan perekonomian juga terkena dampaknya.

"Seperti kita ketahui bersama, Indonesia saat ini tengah berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Pandemi ini tidak hanya berdampak pada masalah kesehatan, namun juga berdampak terhadap masalah sosial dan perekonomian," ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengupayakan penanganan dampak pandemi melalui Program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Demikian seperti dikutip Hallobogor.com dari Antara.

Namun begitu, Wapres menilai pemulihan tersebut tidak dapat selesai dalam waktu yang singkat. Terlebih lagi sebelum pandemi melanda, kegiatan ekonomi syariah juga masih tertinggal dan mengalami kesenjangan cukup besar.

"Walaupun pemerintah secara konsisten melakukan serangkaian kebijakan dalam rangka penanganan dampak pandemi, namun tidak dapat dipungkiri bahwa proses pemulihan akan membutuhkan waktu yang panjang," katanya.

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X