Gerakan Wakaf Tunai Disebut Langkah Fundamental dalam Transformasi Wakaf di Indonesia

- 22 Januari 2021, 17:08 WIB
Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. /Instagram.com/@kyai_marufamin

HALLO BOGOR - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan bahwa dibutuhkan langkah fundamental besar, lewat wakaf tunai guna mentransformasi wakaf di Indonesia.

Wapres menyebutkan, ada tiga langkah yang harus dijalankan bersama-sama untuk menerapkan wakaf uang nasional. 

“Pertama, melakukan business process reengineering atau rekayasa ulang proses bisnis wakaf uang,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat 22 Januari 2021.

Kedua, program strategis wakaf nasional  perlu didukung para tokoh, ulama dan masyarakat. Ketiga,  melakukan gerakan kampanye bersama dalam mengumpulkan wakaf uang sekaligus melakukan literasi dan edukasi tentang pentingnya wakaf tunai.

“Hal itu agar masyarakat dapat secara bersama-sama berwakaf, dengan menyerahkan uangnya untuk dikelola. Hasilnya, akan digunakan untuk mendanai program strategis wakaf nasional,” jelasnya.

Baca Juga: Wapres Berharap, Ibadah Haji untuk yang Mampu, Jadi Bukan Karena Disubsidi Negara

Baca Juga: Terkat Sektor Fesyen dan Wisata Ramah Muslim, Inilah yang Ingin Didorong Wapres

Wapres juga mengingatkan tentang pentingnya memanfaatkan perkembangan teknologi dalam menyukseskan program wakaf tunai nasional.

“Tidak kalah penting juga adalah melakukan digitalisasi pada setiap prosesnya, serta terkoneksi dengan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah nasional,” katanya.

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X