Respons Ketua DPRD Tolikara Sonny Wanimbo Setelah Dituding Terkait dengan KKB

- 19 Juni 2021, 17:53 WIB
Ketua DPRD Kabupaten Tolikara Sonny Wanimbo.
Ketua DPRD Kabupaten Tolikara Sonny Wanimbo. /Facebook.com/Sonny Winambo

  HALLO BOGOR - Satuan Tugas Operasi Nemangkawi di Papua menangkap Ratius Murib alias Nelson Murib penjual senjata dan amunisi untuk kelompok teroris KKB di Papua mengaku kenal dengan ketua DPRD Tolikara, Papua.

Sonny Wanimbo adalah Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, dia buru-buru melakukan keterangan kepada pers terhadap tudingan tersebut.

Dia membantah kenal dengan pelaku penjual senjata dan amunisi untuk kelompok bersenjata bernama Ratius Murib alias Neson Murib. Murib berhasl ditangkap oleh personel Satuan Tugas Operasi Nemangkawi.

Baca Juga: Begini Respons Kapolri Terkait Permintan Perubahan Sebutan bagi KKB Menjadi Teroris

"Saya tidak kenal dengan pelaku RM. Keterangan menyebutkan saya kenal dan kuliah di Bali. Sementara sampai saat ini saya kuliah universitas di Jakarta dan masih menempuh pendidikan pascasarjana," kata Wanimbo, ketika memberikan keterangan kepada awak jurnalis di Jayapura, Papua, Sabtu 19 Juni 2021.

Bahkan dia menilai bahwa pemberitaan di media yang mengaitkan dirinya melakukan transfer dana dengan kepada pelaku penjual senjata ke kelompok bersenjata --dalam hal ini Murib-- sama sekali tidak benar.

Baca Juga: Aparat Baku Tembak dengan KKB Papua di Ilaga, Dua Anggota Brimob Luka-luka Satu Orang Gugur

Dia mengatakan bahwa dirinya adalah orang Tolikara, sedangkan Murib dari Puncak Jaya, “Ya ini tidak benar tuduhan terhadap saya sebagai ketua DPRD Tolikara," kata dia, dikutip Hallobogor.com dari Antara.

Informasi ini hoaks, tegas Wanimbo. Disebutkan berita itu sangat mencemarkan nama baiknya sekaligus sebagai upaya untuk membunuh karakter pribadinya secara sistematis yang juga sebagai ketua DPRD Tolikara.

Baca Juga: Presiden Jokowi Perintahkan TNI dan Polri Kejar Anggota KKB Papua, Begini Penjelasannya

"Saya akan menempuh jalur hukum terhadap pihak-pihak yang merugikan nama baiknya, nanti kuasa hukum akan melihat penanganan lebih lanjut," ujar dia, yang didampingi kuasa hukumnya, Aloysius Renwarin, dan bekas anggota DPR, D Dwijangge.

Ketua DPRD Tolikara itu mengatakan, hingga saat ini belum ada surat panggilan dari pihak berajib kepadanya, terkait dengan hubungannya dengan pelaku penjual senjata dan amunisi kelompok bersenjata.

Baca Juga: Kelompok KKB Papua Tewaskan Kabinda Brigjen TNI IGP Danny, Ini Pernyataan Keras Presiden Jokowi

Sebelumnya, aparat petugas Operasi Nemangkawi menangkap seorang tersangka pelaku penjual senjata dan amunisi kepada kelompok bersenjata di Puncak Jaya, bernama Ratius Murib alias Nelson Murib, petugas juga menyita barang bukti berupa uang tunai Rp370 juta.***

Editor: Banny Rachman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X