Ternyata Bukan di Blitar, Politisi PDI Perjuangan Sebut Tempat Kelahiran Bung Karno di Sini

- 11 Juni 2021, 13:33 WIB
Anggota Komisi III DPR RI, Bambang D.H.
Anggota Komisi III DPR RI, Bambang D.H. /Instagram.com/@bambangdh

HALLO BOGOR - Selama ini orang mengetahui bahwa kota kelahiran Soekarno, atau biasa dipanggil Bung Karno berada di Kota Blitar, Jawa Timur.

Namun, proklamator yang dijuluki Putera Sang Fajar tersebut terlahir di Kota Surabaya.

Hal itu diungkapkan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono saat diskusi memperingati Hari Lahir Bung Karno 6 Juni di Balai RW 06 Tenggilis Surabaya, Senin 7 Juni 2021.

Baca Juga: Kerugian Masyarakat Akibat Investasi Ilegal Selama 10 Tahun Mencapai Rp117 Triliun

"Dari zaman dahulu saya sekolah dasar selalu diajarkan bahwa Bung Karno lahir di Kota Blitar. Jadi, tidak salah saya meyakini itu. Akan tetapi, hal itu terbantahkan bahwa Bung Karno lahir di Surabaya," katanya.

Diskusi yang dikemas santai namun serius itu selain dihadiri Adi Sutarwijono, juga dihadiri anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP Bambang Dwi Hartono serta pegiat sejarah Kuncarsono.

Maka, dalam momentum hari lahir Bung Karno inilah, lanjut Adi, PDIP Surabaya terus memasifkan berbagai ide, pemikiran, perjuangan, termasuk kisah proklamator bangsa tersebut di Surabaya.

Baca Juga: Kapolri Intruksikan Seluruh Polda dan Jajarannya Berantas Aksi Premanisme

Menurutnya, Bung Karno lahir di Kota Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901. Bahkan, Bung Karno pada masa remaja juga hidup di Surabaya yang saat itu digodok pemikirannya di indekos H.O.S. Tjokroaminoto.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X