Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Muhammadiyah Siapkan Skenario Penanganan di Sejumlah RS

- 18 Mei 2021, 05:00 WIB
Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC) Agus Samsudin.
Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC) Agus Samsudin. / Dok. muhammadiyah.or.id

 

 

HALLO BOGOR – Tak hanya pemerintah, organisasi massa Muhammadiyah Covid-19 Command Center juga menyiapkan berbagai skenario mengantisipasi kemungkinan terburuk ledakan kasus COVID-19 pascalibur Lebaran.

Selain itu, ancaman munculnya varian baru Covid-19, seperti B.117 asal Inggris, kemudian B.1351 asal Afrika Selatan dan varian mutasi ganda dari India B.1617.

Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC) Agus Samsudin dalam webinar yang dipantau dari Jakarta, Senin, 17 Mei 2021 menyatakan pihaknya siap menerima lonjakan seandainya hal itu terjadi.

Baca Juga: RSDC Wisma Atlet Siapkan Skema Penanganan Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Libur Lebaran

“Kita berharap betul, itu tidak terjadi. Tapi lebih baik kami mempersiapkan diri kemungkinan yang paling buruk, daripada kita tidak siap apa-apa," ujar Agus Samsudin dalam webinar tersebut.

Kekhawatiran terjadinya lonjakan kasus muncul setelah ada warga yang tetap lolos mudik, meski jumlahnya tidak sebanyak kondisi normal.

Kemudian mobilitas warga saat berwisata tanpa protokol kesehatan dan arus kedatangan WNA di tengah-tengah penyekatan yang dilaksanakan secara ketat bagi WNI.

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X