Begini Argumentasinya, Mengapa Sebaiknya Takbir Idul Fitri Dilakukan di Masjid atau Rumah

- 21 April 2021, 08:20 WIB
Ketua Bidang Hukum dan HAM PBNU, Robikin Emhas.
Ketua Bidang Hukum dan HAM PBNU, Robikin Emhas. /Instagram.com/@robikinemhas

HALLO BOGOR – Mengumandangkan takbir, mengagungkan nama Allah akan dilakukan umat Islam ketika merayakan hari raya Idul Fitri. Seluruh umat Islam bergembira menyambut kemenangan di hari Idul Fitri.

Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, maka ketika merayakan Idul Fitri, alangkah baiknya umat islam tidak melakukan takbir keliling untuk menghindari kerumunan.

Mengagungkan nama Allah dengan bertakbir, bertahlil, bertahmid, bisa dilakukan di tempat-tempat ibadah seperti, masjid, musholla, surau, atau bahkan bisa dilakukan di rumah.

Baca Juga: Doa dan Keutamaan Sholat Tarawih Hari Ke-9 Puasa Bulan Ramadhan

Bahkan seiring kemajuan teknologi, umat Islam bisa memanfaatkannya dengan membuat konten-konten yang positif dan kreatif dalam merayakan hari raya Idul Fitri.

Baca Juga: Belum Mudik Lebaran Kasus Positif Covid-19 Meningkat Cukup Tajam, Ini Langkah yang Diambil Satgas Pusat

Ketua Bidang Hukum dan HAM PBNU, Robikin Emhas tak menyarankan ada takbir keliling namun mengajak masyarakat sebaiknya melakukannya di masjid, mushalla, ataupun rumah.

Baca Juga: 11 Lokasi di Wilayah Timur Bisa Dilewati Siklon Tropis Surigae, Ini yang Harus Diwaspadai

"Takbir keliling dan berbagai kegiatan yang berpotensi tak mungkin menghindarkan kerumunan sebaiknya dihindari," ujar dia dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, 20 April 2021.

Halaman:

Editor: Wowo Ario Sungkowo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X