Kunjungi Pengungsi Korban Gempa, Ini Instruksi Gubernur Jatim kepada Bupati Malang

- 12 April 2021, 11:03 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ketika melihat dari dekat bangunan yang rusak akibat gempa.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ketika melihat dari dekat bangunan yang rusak akibat gempa. /Instagram.com/@khofifah.ip

HALLO BOGOR - Sebagai orang nomor satu di Jawa Timur, Khofifah tidak sekadar gelar rapat koordinasi saat gempa terjadi di daerah Malang Selatan dengan kekuatan magnitudo 6,7.

Dengan sigap, Khofifah meluncur ke lokasi dan melihat dari dekat korban bencana. Dia juga memberi instruksi kepada para kepala daerah, termasuk Bupati Malang, HM Sanusi.

Salah satu poin penting yang disampaikan adalah tentang posko pengungsian tempat para pengungsi yang rumahnya rusak berat akibat gempa bumi.

Baca Juga: Di Kabupaten Lumajang 5 Meninggal Dunia Akibat Gempa Malang Termasuk pasutri, Ini Penyebabnya

“Saya tadi malam sudah tanya ke Pak Bupati, tempat posko pengungsian ada di mana saja. Posko ini sangat penting untuk menjadi sentral komunikasi seluruh lini,” ucapnya kepada wartawan, Minggu, 11 April 2021 di Malang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah untuk Segera Melakukan Upaya Tanggap Darurat

Menurutnya, pemilihan tempat pengungsian untuk korban gempa harus tepat karena berbeda dengan korban bencana alam lain seperti banjir.

Baca Juga: Ini yang Bikin Pemerintah Optimis, Saudi Beri Kebijakan Soal Penyelenggaraan Ibadah Haji

Posko untuk pengungsi korban gempa ini harus punya akses pintu keluar yang mudah dijangkau untuk mengamankan diri dari reruntuhan bangunan jika terjadi gempa susulan.

Halaman:

Editor: Wowo Ario Sungkowo


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X