9 Kali Gempa Bumi Susulan Malang Dirasakan Jateng dan Jogja, Begini Penjelasan BMKG

- 11 April 2021, 16:22 WIB
Sejumlah anggota TNI/Polri bersama relawan bergotong royong mengevakuasi perabot dari dalam rumah warga yang ambruk terdampak gempa di Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 11 April 2021.
Sejumlah anggota TNI/Polri bersama relawan bergotong royong mengevakuasi perabot dari dalam rumah warga yang ambruk terdampak gempa di Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 11 April 2021. /ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/rwa

 

HALLO BOGOR - Badan Meteorologi Klimotologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan telah terjadi gempa susulan pada hari Minggu, 10 April 2021 pukul 06.45 WIB.

Gempa dengan kekuatan magnitodo 5,3 SR yang merupakan rangkaian gempa susulan dari gempa utama yang terjadi pada hari Sabtu, 9 April 2021 di Selatan Jawa Timur.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, akibat gempa susulan getarannya dirasakan di wilayah Jawa Timur hingga ke DIY dan sebagian wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: 49 Rumah dan 4 Tempat Ibadah di 28 Desa di Kabupaten Tulungagung Rusak Akibat Gempa

“Gempa susulan dengan magnitudo 5,3 SR terjadi pada Minggu padi episenternya berada di laut dengan kedalaman 102 km, sekitar 71 km Selatan Kepanjen, Kabupaten Malang,” kata Daryono.

Baca Juga: Happy Birthday, Ini 6 Fakta Tentang Karina Aespa yang Sedang Merayakan Ulang Tahun

Menurutnya, gempa susulan ini merupakan gempa jenis gempa berskala sedang akibat adanya deformasi atau patahan bagian lempeng Indo-Australia yang tersubduksi atau menujam ke bawah Pulau Jawa.

Baca Juga: KPK Cium Aroma Tak Sedap Terkait Perpindahan RKUD Salah Satu Daerah di Pemprov Bengkulu

“Gempa ini tidak berpotensi terjadinya tsunami,” tuturnya, seperti yang dikutip Hallobogor.com dari Antara, Minggu, 10 April 2021.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X