49 Rumah dan 4 Tempat Ibadah di 28 Desa di Kabupaten Tulungagung Rusak Akibat Gempa

- 11 April 2021, 16:15 WIB
Warga mencari barang berharga yang masih bisa diselamatkan dari tumpukan reruntuhan bangunan rumahnya setelah gempa di Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu, 10 April 2021.
Warga mencari barang berharga yang masih bisa diselamatkan dari tumpukan reruntuhan bangunan rumahnya setelah gempa di Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu, 10 April 2021. /ANTARAFOTO/Destyan Sujarwoko

HALLO BOGOR – Sedikitnya 49 rumah dan 4 tempat ibadah yang tersebar di 28 desa, 12 kecamatan, di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, dilaporkan rusak akibat gempa bermagnitudo 6,7 di barat daya Kabupaten Malang, Sabtu, 10 April 2021.

Belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun satu orang warga atas nama Ahmad Barudin, asal Desa Domasan, Kecamatan Kalidawir, mengalami luka di bagian kepala akibat tertimpa reruntuhan genting rumahnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung, Suroto mengatakan hingga pk.19.25 WIB tadi malam hanya satu warga yang dilaporkan luka.

Baca Juga: Potensi Bencana Masih Tinggi Menurut BMKG, Begini Himbauan Khofifah bagi Warga Jawa Timur

"Lukanya tidak terlalu parah. Informasinya korban sempat dilarikan ke IGD dan sudah boleh pulang," kata Kepala BPBD Tulungagung, Suroto, saat dikonfirmasi di kantornya, Sabtu, 10 April 2021.

Baca Juga: Rusak Parah, Kapolres Trenggalek Himbau Guru dan Murid Jauhi Lokasi SMP Negeri 2 Tugu

Suroto menjelaskan, kerusakan bangunan bervariasi. Ada yang rusak di bagian teras saja, pagar, genting berguguran, hingga sebagian atap rumah yang ambruk.

Baca Juga: BMKG Laporkan Gempabumi Susulan di Malang, Waspada Meski Kekuatannya Lebih Kecil

Fisik bangunan yang runtuh total nyaris tidak ada bentuknya, kecuali bangunan semipermanen. "Data masih terus berjalan. Jumlah kerusakan dimungkinkan masih terus bertambah," katanya.

Halaman:

Editor: Wowo Ario Sungkowo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X