Menko PMK Muhajir Effendy Pantau Akibat Gempa, Khusus Kabupaten Malang

- 11 April 2021, 10:16 WIB
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. /Dok. Kemenkopmk.go.id

HALLO BOGOR- Tanggap bencana, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memantau penanganan dampak bencana gempa bumi yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang, dan menyebabkan kerusakan di sejumlah wilayah di Jawa Timur pada Sabtu, 10 April 2021.

Muhadjir menyatakan telah memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melakukan monitoring dan pendataan dampak akibat gempa yang terjadi di Kabupaten Malang, dengan magnitudo 6,7 sekitar pukul 14.00 WIB.

“Saya sudah kontak Kepala BNPB, saya juga sudah menugaskan Deputi Kemenko PMK bidang Kebencanaan untuk mendata dan memantau perkembangan,” kata Muhadjir, saat memantau penerapan protokol kesehatan pada pertandingan perempat final Piala Menpora, di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu, 10 April 2021.

Baca Juga: Kerajaan Inggris Berduka Pangeran Philip Pendamping Ratu Elisabeth Selama Tujuh Dekade Meninggal Dunia

Muhadjir mengatakan, ia juga siap untuk melakukan pemantauan langsung wilayah terdampak bencana di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Namun, pemantauan langsung tersebut akan dilakukan, usai melihat perkembangan pada Minggu, 11 April 2021.

Baca Juga: Warga yang Terdampak Bencana di NTT akan Dibangunkan Rumah Gunakan Teknologi Ini

Menurut Muhadjir, pemerintah pusat saat ini masih melihat perkembangan penanganan dampak gempa bumi yang dilakukan masing-masing pemerintah daerah. Jika nantinya diperlukan bantuan dari pemerintah pusat, pihaknya akan siap untuk membantu. “Bencana di selatan Jawa Timur ini akan ditangani oleh masing-masing pemerintah daerah. Nanti akan saya koordinasikan,” kata Muhadjir.

Baca Juga: 3 Kawasan Ini Penyokong Rekor Penjualan Rolls-Royce Tertinggi Selama 116 Tahun Meski Pandemi

Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan magnitudo 6,7, pada Sabtu 10 April 2021, pukul 14.00 WIB. Pusat gempat berada di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang, dengan kedalaman 25 kilometer.

Halaman:

Editor: Satwika Rumeksa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X