Tetap Waspada, Meski Hasil Monitoring BMKG Malang Belum Tunjukkan Gempa Susulan

- 10 April 2021, 23:41 WIB
Warga mengamati kondisi rumahnya yang rusak pascagempa di Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu, 10 April 2021.
Warga mengamati kondisi rumahnya yang rusak pascagempa di Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu, 10 April 2021. /ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

 

HALLO BOGOR - Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malang melaporkan gempa bumi tektonik menggucang Selatan Jawa dengan kekuatan 6,7 skala richter (SR) dan tidak berpotensi tsunami.

Pada infomasi pendahuluan, kejadian dan parameter gempa bumi terjadi pada hari Sabtu, 10 April 2021 pukul 14.16 WIB wilayah Samudera Hindia atau Selatan Jawa yang bersifat tektonik.

Hasil analisis BMKG, menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo M= 6,7 SR, kemudian setelah dirilis kembali menjadi magnitudo Mw= 6,1 SR dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.83 Lintang Selatan (LS) dan 112,5 Bujur Timur (BT).

Baca Juga: Kerajaan Inggris Berduka Pangeran Philip Pendamping Ratu Elisabeth Selama Tujuh Dekade Meninggal Dunia

Tepatnya berlokasi 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang pada kedalaman 80 km.

Baca Juga: Warga yang Terdampak Bencana di NTT akan Dibangunkan Rumah Gunakan Teknologi Ini

Lokasi 90 km Barat Daya Kabupaten Malang, 95 km Tenggara Kabupaten Blitar, 100 km Tenggara Kota Blitar, 190 km Barat Daya Surabaya, dan 700 km Tenggara Jakarta.

Baca Juga: 3 Kawasan Ini Penyokong Rekor Penjualan Rolls-Royce Tertinggi Selama 116 Tahun Meski Pandemi

Menurut BMKG Malang, jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X