Meski Jumlah Pasien Positif Turun, Satgas Covid-19 Ingatkan Masyarakat Tidak Terlena

- 3 April 2021, 14:02 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. /Dok. BNPB Indonesia

 

HALLO BOGOR - Tren kasus pasien positif Covid-19 beberapa waktu terakhir memang menunjukkan penurunan.

Meski demikian fenomena menggembirakan itu bukan berarti upaya penjaringan kasus melalui testing rendah.

"Terkait itu, dengan angka testing yang cukup baik akhir-akhir ini, jumlah kasus yang terdeteksi positif nyatanya menurun," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca Juga: Manchester City Masih Lebih Unggul dari Leicester Meski Menang Tipis, Itu Prediksinya

Wiku mengaku mendapat data per 1 April jumlah pasien terkonfirmasi positif bertambah. Jumlahnya 6.142 kasus dengan jumlah kasus aktif 121.222 yang jika dipersentasikan menjadi 8,0 persen dibandingkan rata-rata dunia 17,2 persen.

Baca Juga: Redam Penyebaran Hoax, Simak 5 Tips Cek Fakta dari Google agar Tidak Sembarang Share
 
Adapun jumlah angka kesembuhan tercatat 1.355.578 kasus atau 89,3 persen jika dibandingkan rata-rata dunia sebesar 80,7 persen.

Sementara untuk kasus meninggal pasien Covid-19 sebanyak 41.054 kasus atau 2,7 persen dibandingkan rata-rata dunia 2,2 persen.

Wiku menambahkan, data penurunan ini bukan karena angka testing Covid-19 yang menurun. Bahkan Indonesia telah menyentuh standar yang ditetapkan World Health Organization (WHO) yakni sebesar 276 ribu orang per minggu.

"Artinya, penularan Covid-19 yang saat ini cukup rendah, disebabkan menurunnya laju penularan dan bukan karena upaya testing yang rendah," katanya seperti dilansir Hallobogor.com dari Antara.
 
Perkembangan penanganan ini, katanya, harus disambut dengan baik, karena terjadi di tengah badai peningkatan kasus yang terjadi di dunia.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X