Pemerintah Klaim Penyebaran Covid-19 Menurun, Berikut Sebarannya di Seluruh Indonesia

- 31 Maret 2021, 11:45 WIB
Ilustrasi virus Corona.
Ilustrasi virus Corona. /Dok. Hallo Media/M. Rifa'i Azhari

HALLO BOGOR - Perkembangan Peta Zonasi Risiko Covid-19 per 28 Maret 2021 semakin menunjukkan perkembangan yang baik. Pemerintah mengklaim adanya kemajuan signifikan soal mengecilnya sebaran baru Covid-19. Hal itu seiring dengan masifnya program vaksinasi yang dilakukan di beberapa zona merah.

Berdasarkan data yang dimiliki Satgas Nasional Penanganan Covid-19, tren daerah yang masuk zona merah atau risiko tinggi, kembali mengalami penurunan. Perkembangan baik harus dipertahankan dan harus terus ditingkatkan lagi agar daerah segera masuk ke zona hijau.

"Catatan zonasi nasional mencatatkan capaian yang baik. Dimana jumlah kabupaten/kota zona merah terus menurun 50 persen yaitu dari 10 menjadi 5 kabupaten/kota," ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.

Baca Juga: Ada Keterlibatan Oknum Polisi dalam Kasus Penganiayaan Jurnalis, Begitu Dugaan PBHI

Lebih lanjut dia menjelaskan, penurunan juga terjadi pada zona oranye atau risiko sedang yakni dari 313 menjadi 301 kabupaten/kota. Namun, yang perlu menjadi perhatian terjadinya peningkatan pada zona kuning atau risiko rendah dari 183 menjadi 201 kabupaten/kota.

Baca Juga: Kuasa Hukum HRS Angkat Bicara Soal Atribut dan Kartu FPI di Rumah yang Digerebek Densus 88

Sementara zona hijau tidak ada kasus baru sebanyak 6 kabupaten/kota dan zona hijau tidak terdampak 1 kabupaten/kota.

Baca Juga: Sentimen Negatif Gagal Bayar Hedge Fund di AS, Begini Dampaknya Terhadap IHSG di BEI

Melihat perkembangan ini, dapat disimpulkan bahwa fokus pengendalian Covid-19 terkini bagi sebagian besar pemerintah daerah kabupaten/kota adalah mengubah status daerahnya. Dari zona oranye ke zona kuning, maupun dari zona kuning menjadi zona hijau.

Baca Juga: Meski Mudik Dilarang Pemerintah Tetap Siapkan Kenyamanan Infrastruktur Jalan

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X