Indonesia Bisa Bangkit Jadi Pelopor Industri Kedirgantaraan di Asia Tenggara, Ini Tekad Prabowo

- 18 Maret 2021, 20:00 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam acara penyerahan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (DI) CN235-220 MPA kepada Angkatan Udara Republik Senegal, di Hanggar Fixed Wing PT DI Bandung, Jawa Barat, Kamis, 18 Maret 2021.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam acara penyerahan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (DI) CN235-220 MPA kepada Angkatan Udara Republik Senegal, di Hanggar Fixed Wing PT DI Bandung, Jawa Barat, Kamis, 18 Maret 2021. /Dok. Kemhan.go.id

HALLO BOGOR – Indonesia bertekad untuk kembali bangkit sebagai pelopor dalam industri kedirgantaraan seperti yang pernah dialaminya pada era 90an, setidaknya di kawasan Asia Tenggara.

Penegasan sikap tersebut diutarakan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam acara penyerahan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (DI) CN235-220 MPA kepada Angkatan Udara Republik Senegal, di Hanggar Fixed Wing PT DI Bandung, Jawa Barat, Kamis, 18 Maret 2021.

PT DI, kata Prabowo, pernah melambungkan nama Indonesia sebagai pelopor dalam kebangkitan industri kedirgantaraan pada tahun 90an. Tetapi akibat dinamika politik dunia, arah pengembangan PT DI mengalami berbagai rintangan.

Baca Juga: Subsidi Pemerintah Dipangkas, Peserta BPJS Kelas III Bayar Iuran Sebesar Ini Setiap Bulan

Namun bagaimanapun, lanjut dia, patut disyukuri, di tengah tantangan berat yang terjadi selama 20 tahun terakhir, keberadaan PT DI mampu bertahan dan masih berhasil memproduksi dan bahkan menjual pesawat dan helikopternya.

Untuk itu, lanjut Prabowo, Kementerian Pertahanan memiliki tekad kuat agar PT DI dapat bangkit kembali ke tempat semula.

Baca Juga: Pasca Resmi Ganti Kelamin, Ini Nama Baru yang Diberikan untuk Aprilia Manganang

"Presiden telah menginstruksikan Kementerian Pertahanan untuk mendorong PT DI dan industri pertahanan lainnya, untuk bersungguh-sungguh mendukung agar PT DI bisa mengambil tempat sebagai pelopor kembali di Asia Tenggara bahkan Asia," kata Menhan Prabowo seperti dikutip Hallobogor.com dari Antara.

Prabowo Subianto saat itu menyerahkan pesawat buatan PT DI, CN235-220 MPA kepada Angkatan Udara Republik Senegal, di Hanggar Fixed Wing PT DI Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Ternyata Ini, Argumentasi BPOM Merekomendasikan Penangguhan Vaksin AstraZeneca

Halaman:

Editor: Wowo Ario Sungkowo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X