Optimis Ibadah Haji akan Dibuka, Ini Langkah yang Dipersiapkan oleh Kementerian Agama

- 15 Maret 2021, 19:59 WIB
Pemerintah Indonesia optimis, Kerajaan Arab Saudi bakal membuka kembali akses ke Tanah Suci.
Pemerintah Indonesia optimis, Kerajaan Arab Saudi bakal membuka kembali akses ke Tanah Suci. /Dok. Hallo Media/Banny Rachman

HALLO BOGOR - Pemerintah Indonesia telah menyiapkan langkah, jika sewaktu - waktu pemerintah Kerajaan Arab Saudi membuka akses ibadah haji 1442 H/2021.

Lebaran Haji, tinggal beberapa bulan lagi. Diperkirakan tanggal 20 Juli 2021, namun pemerintah Kerajaan Arab Saudi belum mengambil sikap atau belum bisa memberikan kepastian imbas pandemi Covid-19 yang masih masif.

Meski galau, pemerintah Indonesia optimis, Kerajaan Arab Saudi bakal membuka kembali akses ke Tanah Suci bagi jamaah haji asal Indonesia.

Baca Juga: Sahkan 3.000 Warga Suku Anak Dalam Jadì WNI, Mensos akan Prioritaskan Dua Akses Ini

"Kami di Kementerian Agama terus melakukan upaya-upaya yang progresif untuk mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji 1442H/2021M," kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Qiumas.

Langkah yang telah dipersiapkannya antara lain, skema mengenai protokol kesehatan dalam perspektif internasional, artinya mengacu pada protokol yang berlaku secara global di berbagai negara.

Pemerintah juga telah mengantisipasi pergerakan jamaah di Tanah Suci, misalnya durasi masa tinggal, hingga aspek ibadah haji di masa pandemi.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Nyatakan Salat Subuh di Indonesia Terlalu Cepat, Begini Penjelasannya

"Seberapa pun tipis kemungkinannya, kami tetap menyiapkan penyelenggaraan ibadah haji. Kami terus merespon dengan langkah terukur, kita sudah siap apabila pemerintah Arab Saudi membuka untuk kita," katanya optimis.

Yaqut semakin percaya, karena kedua negara yakni Arab Saudi dan Indonesia sudah menjalankan program vaksinasi sebagai salah satu langkah menghadapi virus corona - 19.

Halaman:

Editor: Wowo Ario Sungkowo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X