Ketentuan Arab Saudi Terbaru Soal Haji 2021, Calon Jemaah Harus Sudah Terima Vaksin Covid-19

- 3 Maret 2021, 17:01 WIB
Jamaah haji Indonesia bisa mendapatkan vaksin COVID-19 sehingga kebal terhadap infeksi virus SARS-CoV-2 saat berhaji. /Dok. Hallo Media/Banny Rachman

HALLO BOGOR - Belum ada kepastian penyelenggaraan ibadah haji 2021 diadakan atau tidak, baik dari Pemerintah Indonesia maupun otoritas Kerajaan Arab Saudi.

Namun Kementerian Kesehatan Arab Saudi sudah mengeluarkan keputusan terbaru hanya jemaah sudah vaksin Covid-19 saja yang diizinkan mengikuti haji tahun ini.

Hal ini sebenarnya sejalan dengan keinginan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, 18 Januari 2021 lalu.

Baca Juga: Kota Bogor Targetkan 86.143 Orang Penerima Vaksin Covid-19 Tahap Kedua, Ini Sasarannya

Saat itu dia mengusulkan jamaah haji Indonesia bisa mendapatkan vaksin CovidD-19 sehingga kebal terhadap infeksi virus SARS-CoV-2 saat berhaji.

Baca Juga: Novilia Sjafri Bachtiar, Sosok yang Berperan di Balik Sukses Uji Klinis Vaksin Sinovac

Menag bicara terkait jumlah vaksin, mengusulkan Kemenkes agar mengalokasikan vaksin untuk 257.540 orang sesuai kuota jamaah haji Indonesia tahun ini.

Baca Juga: Berpotensi Terjadi Learning Lost, Guru Menjadi Pioritas Sebagai Penerima Vaksin Covid-19

Jumlah tersebut tersebut terinci untuk 221 ribu jamaah haji reguler dan haji khusus, 4.200 petugas kloter dan petugas nonkloter, 3.400 petugas haji di seluruh provinsi dan 18.000 pembimbing haji pada 6 ribu KUA Kecamatan di seluruh Indonesia.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X