TNI AU akan Beli Pesawat Tempur F-15 Ex dan Rafale, Begini Keistimewaannya

- 19 Februari 2021, 22:17 WIB
Ilustrasi pesawat tempur Rafale. /Pixabay/Satwika Rumeksa

HALLO BOGOR - Dua pesawat canggih generasi 4,5 akan segera memperkuat pertahanan RI. TNI AU akan membeli pesawat tempur Rafale buatab Prancis dan F-15 Ex buatan AS untuk rencana strategi hingga 2014.

Dalam keterangan pers tertulisnya Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo di Jakarta, Jumat 19 Februari 2021, TNI AU juga akan membeli pesawat multi role (multi fungsi) tanker transport dan pesawat angkut Hercules jenis C-130.

Dalam rancangan pembelian itu termasuk Radar GCI3, pesawat berkemampuan airborne early warning (peringatan dini), UCAV (drone) berkemampuan MALE dan alutsista lainnya.

Baca Juga: Sabtu Minggu Ada Aturan Ganjil Genap Lagi di Kota Bogor, Ingat-ingat Plat Nomor

"Dari berbagai upaya tersebut, kini telah mulai menampakkan titik terang. Mulai tahun ini hingga 2024, kita akan segera merealisasikan akuisisi berbagai alutsista modern secara bertahap," kata Fadjar dalam Rapim TNI AU yang digelar di Mabes TNI AU, Jakarta, Kamis 18 Februari 2021.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Pelaku UMKM Masuk Pasar Global Melalui Kolaborasi Seperti Ini

Rencana pengadaan alat utama sistem senjata menurut Fadjar sudah mengalami beberapa kali perubahan dari kondisi global juga kapasitas negara.

Baca Juga: Jakarta Pastikan Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 Siap Dilakukan, Termasuk untuk Lansia

"Meski memiliki pedoman postur, renstra, dan minimum essential force, namun implementasinya sangat bergantung pada berbagai faktor dan kondisi yang terus berubah secara dinamis," kata Fadjar.

Halaman:

Editor: Satwika Rumeksa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X