Di Hadapan Prabowo dan Petinggi TNI, Komnas Sebut Lindungi HAM adalah Peran Penting TNI

- 17 Februari 2021, 14:59 WIB
Mencengangkan, Ajudan Menhan Prabowo Bongkar Kedekatan Menhan dan Menteri KKP Edhy Prabowo.
Mencengangkan, Ajudan Menhan Prabowo Bongkar Kedekatan Menhan dan Menteri KKP Edhy Prabowo. /Instagram.com/@prabowo

HALLO BOGOR - TNI merupakan komponen utama pertahanan Negara yang mempunyai kewajiban untuk melindungi hak untuk hidup dan hak atas rasa aman bagi seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik menyampaikan TNI berperan penting untuk menjaga kedaulatan bangsa baik di darat, laut, dan udara, dari berbagai macam bentuk ancaman dan serangan, baik yang sifatnya hard threats maupun soft threats.

“Bagi Komnas HAM RI fungsi TNI sangat penting di dalam Menjaga pertahanan Negara, juga Menjaga kedaulatan dan di sisi lain menjaga situasi dalam negeri kita yang penuh gejolak,” ujarnya.

Baca Juga: Target Rampung Mei 2021, Vaksinasi Covid-19 Mulai Sasar Petugas Pelayanan Publik

Taufan menjelaskan kaitan antara TNI dan hak asasi manusia dalam saat menjadi pembicara memberi pembekalan materi berjudul “Tentara Nasional Indonesia dan Perlindungan Hak Asasi Manusia”.

Baca Juga: Sebanyak 101 Warga Mengungsi Pascalongsor Desa Ngetos, 7 Warga Masih Hilang

"Bagian dari fungsi-fungsi TNI sebenarnya sudah melakukan tugas pemenuhan hak asasi manusia," katanya, Rapat Pimpinan TNI Tahun 2021 yang diselenggarakan TNI di Markas Besar TNI Cilangkap.

Baca Juga: Google hari ini Tampilkan Doodle Marie Thomas, Bukan Orang Sembarangan

Rapim tersebut dihadiri juga antara lain oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: Komnas HAM


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X