Catat Wilayahnya, Cuaca Ekstrem Bisa Timbulkan Bencana Hidrometeorologi

- 10 Januari 2021, 22:50 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. /Instagram.com/@dwikoritakarnawati

HALLO BOGOR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak Oktober 2020 telah memprediksikan bahwa Puncak Musim Hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2021.

"Saat ini tercatat sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 93 persen dari 342 Zona Musim telah memasuki musim hujan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Minggu, 10 Januari 2021.

Deputi Bidang Klimatologi Herizal menjelaskan, sebagian besar wilayah terutama Jawa, Bali, Sulawesi Selatan hingga Nusa Tenggara saat ini telah memasuki PUNCAK musim hujan yang diperkirakan akan berlangsung hingga Februari 2021.

Baca Juga: Ini Hasil Swab Tes ke-4 Nirina Zubir yang Jadi Kado Spesial Buat sang Suami

"Untuk itu, BMKG terus meminta masyarakat dan seluruh pihak untuk tetap terus mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang cenderung meningkat di dalam periode Puncak Musim Hujan ini," ujar Herizal.

Baca Juga: Sambutan di HUT ke-48 PDIP, Jokowi Sebut Pertumbuhan Ekonomi Sudah Naik

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto menjelaskan, untuk tujuh hari ke depan diprediksikan potensi cuaca ekstrem yang perlu diwaspadai.

Baca Juga: Persib Kehilangan Pemain yang Ikut Menghantarkan Jadi Juara Liga Indonesia Pertama

Terutama untuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X