Menteri Nadiem Nyatakan Rekrutmen CPNS untuk Formasi Guru akan Tetap Ada

- 6 Januari 2021, 15:43 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. /Instagram.com/@nadiemmakarim/

HALLO BOGOR - Meskipun Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyatakan CPNS untuk posisi guru, tidak dibuka oleh Pemerintah pada tahun 2021, namun Mendikbud Nadiem Makarim tegas mengatakan ada.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengeluarkan pernyataan bahwa rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk formasi guru akan tetap ada.

"Ingin saya koreksi mispersepsi di media bahwa tidak ada lagi formasi CPNS untuk guru, ini salah dan tidak pernah menjadi kebijakan Kemendikbud," kata Nadiem seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya @nadiemmakarim, Selasa, 5 Januari 2021.

Baca Juga: PGRI Tanggapi Pemerintah Terkait Tidak Adanya Formasi CPNS Guru Mulai 2021

Hal itu disampaikan Nadiem menanggapi kabar mengenai CPNS untuk guru ditiadakan. Ia menyebutkan kabar itu salah dan tidak pernah jadi kebijakan Kemendikbud.

Baca Juga: Tahun 2021 Ada Lowongan 1 Juta Formasi Guru, tapi Statusnya Bukan CPNS

Sebelumnya, meskipun ada 1 juta formasi guru namun yang telah direncanakan pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta BKN bukanlah CPNS.

Baca Juga: Gilang Dirga Bagikan Kabar Kurang Baik Soal Kesehatanya, Dirinya Terkena Virus Ini

"Kami sepakat bahwa untuk guru itu akan beralih menjadi PPPK. Jadi bukan (penerimaan) CPNS lagi. Ke depan mungkin kami tidak akan menerima guru dengan status CPNS, tapi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja," ungkap Bima.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: Pikiran-Rakyat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X