Ini Momen yang Tepat untuk Memasang Kawat Gigi, Begini Penjelasan Pakar Ortodonti UGM

- 13 Juni 2021, 09:14 WIB
Susunan gigi yang kurang baik, disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor keturunan.
Susunan gigi yang kurang baik, disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor keturunan. /Pexels/cottonbro

  HALLO BOGOR - Kawat gigi atau perawatan ortodonti merupakan perawatan gigi yang dapat dilakukan untuk mengoreksi susunan gigi yang kurang baik.

Manfaat penggunaan kawat gigi antara lain menghindarkan dari berbagai penyakit, menjaga kesehatan gigi, serta menambah kepercayaan diri.

Sri Suparwitri, dokter spesialis ortodonti sekaligus dosen Fakultas Kedokteran Gigi UGM, pada live ig @ortodontiugm menjelaskan, berbagai susunan gigi yang sebaiknya menggunakan kawat gigi.

Baca Juga: Pemerintah Jamin Pengenaan Pajak Sembako dan Pendidikan Tidak Bebani Kelas Bawah

Misalnya antara lain seperti gigi renggang, gigi berjejal, gigi yang maju, dan gigi yang rahang bawahnya berada di depan rahang atas.

Susunan gigi yang kurang baik, disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor keturunan, karies gigi, serta faktor kebiasaan yang kurang baik.

“Dalam proses perawatan ortodonti tidak serta merta diharuskan untuk mencabut gigi,” tuturnya.

Baca Juga: Mensos Tri Rismaharini Resmikan Sentra Kreasi Atensi Bagi Penerima Manfaat di Cibinong

Suparwitri menambahkan, pada gigi yang renggang biasanya tidak dilakukan proses pencabutan gigi, namun pada gigi yang berjejal dan maju jika dirasa membutuhkan ruang untuk mengoreksi susunan gigi maka akan dilakukan proses pencabutan gigi.

Dikutip hallobogor.com dari laman resmi UGM, Minggu, 13 Juni 2021, Perawatan ortodonti Suparwitri kembali menjelaskan, bukan hanya terkait dengan estetika semata, namun yang paling penting adalah fungsi kesehatan.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: UGM


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X