Penting Konsumsi Suplemen Vitamin Saat Ramadhan, Ini Aturannya Agar Minim Efek Samping

- 16 April 2021, 18:05 WIB
Berbagai jenis suplemen vitamin.
Berbagai jenis suplemen vitamin. / Dok. Hallo Media/Banny Rachman

 

HALLO BOGOR - Suplemen vitamin dan mineral dibutuhkan saat bulan Ramadhan, terutama di masa pandemi Covid-19 untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania.

Saat bulan Ramadhan, tubuh memang ada kecenderungan kekurangan asupan nutrisi seimbang, termasuk vitamin, mineral dan serat.

Baca Juga: Kemendes PDTT Sudah Salurkan Dana Rp11,36 T kepada 34 Ribu Desa, Begini Harapan Menteri

Oleh karena itu, bila kita merasa asupan vitamin tidak mencukup dari makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, maka bisa minum suplemen vitamin.

Baca Juga: Indeks Dolar AS Terendah Satu Bulan Terakhir, Rupanya Disebabkan oleh Faktor Ini

Meski demikian, Certified Nutrition and Wellness Consultant dari Universitas Indonesia Mochamad Aldis Ruslialdi menganjurkan tetap konsumsi dari sumbernya, yakni makanan dengan gizi seimbang dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang cukup selama buka puasa dan sahur.

Baca Juga: Mahasiswa UMM Melalui Tim Mobil KaCa Lakukan Ini Bagi Anak-anak Korban Gempa Malang

“Tapi kalau susah, bisa salah satunya dibantu suplemen. Jadi suplemen boleh-boleh saja, tetapi tidak harus,” kata Aldis yang juga menjabat Head of Product Development and External Affair MUFIT Indonesia.

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X