Platform Medsos Instagram akan Sembunyian Fitur Like, Begini Sikap Penggunanya

- 16 April 2021, 20:51 WIB
Ilustrasi media sosial Instagram.
Ilustrasi media sosial Instagram. /Dok. Hallo Media/M. Rifa'i Azhari

HALLO BOGOR - Pro kontra bermunculan dengan rencana instagram sedang mengadakan uji coba berupa pilihan menyembunyikan fitur menyukai atau "like" di unggahan sendiri atau orang lain. Ada sekolompok orang bilang ini menguntungkan, namun, lainnya masih ingin melihat jumlah 'like: agar mereka bisa melacak mana yang populer.

"Pada 2019, kami mulai menyembunyikan penghitungan 'like' untuk sejumlah kecil orang untuk memahami apakah langkah ini mengurangi tekanan ketika mengunggah konten ke Instagram," kata juru bicara Facebook Inc.

Platform berbagi foto milik Facebook ini memberikan pilihan bagi pengguna untuk menyembunyikan jumlah orang yang menyukai sebuah foto, baik di akun sendiri maupun di unggahan orang lain.

Baca Juga: Citibank Cabut dari Indonesia Setelah Garap 90 Persen dari 20 Perusahaan Besar, Ini Alasannya

Uji coba ini, menurut Facebook Inc, dilakukan setelah melihat respons pengguna yang beragam ketika mereka menghapus "like", yang selama ini menjadi tolak ukur popularitas sebuah konten.

Baca Juga: India Catat Kenaikan Kasus Covid Setelah Kumbh Mela, Mandi Bersama di Sungai Gangga

"Beberapa orang bilang ini menguntungkan, namun, yang lainnya masih ingin melihat jumlah 'like: agar mereka bisa melacak mana yang populer," kata sang juru bicara. Uji coba fitur "like" hanya untuk segelintir pengguna Instagram, mereka masih bisa melihat jumlah "like" secara privat.

Baca Juga: Peci Kupiah Meukutop Laris, Ini Makna Motif dan Warnanya Bagi Masyarakat Aceh

Media sosial Facebook juga akan bereksperimen dengan fitur tersebut dalam beberapa minggu ke depan. Cara ini diyakini memberikan pengguna kontrol lebih banyak untuk berinteraksi dengan konten di platform tersebut.

Halaman:

Editor: Satwika Rumeksa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X