Perhatikan Hal Berikut Ini Bila Anda Lakukan Aktivitas Olahraga Selama Puasa Ramadhan

- 11 April 2021, 08:17 WIB
Waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, yakni 3 kali seminggu dengan durasi lebih singkat.
Waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, yakni 3 kali seminggu dengan durasi lebih singkat. /Pixabay/Ratna Fitry

HALLO BOGOR – Tidak ada larangan berolahraga saat menjalani puasa di bulan Ramadhan. Justru sebaliknya harus tetap melakukan latihan fisik rutin demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Walau begitu ada sejumlah penyesuaian yang perlu Anda lakukan.

Menurut Dokter spesialis Kedokteran Olahraga Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) sekaligus staf pengajar di Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI, Listya Tresnanti Mirtha menyebutkan salah satu penyesuaian adalah frekuensi latihan yang tidak sesering seprti pada bulan-b tresulan biasanya.

"Intesitas latihan juga harus lebih lebih ringan dari biasanya, waktu dibuat lebih singkat dan jenis latihan diutamakan yang bersifat aerobik," ujar Listya dalam seminar awam yang digelar RSUI via daring, Jumat, 9 Maret 2021.

Baca Juga: Terapkan Tes GeNose C-19 di Sejumlah Desa Wisata, Begini Harapan Menteri Sandiaga Uno

Juga dari sisi frekuensi, Anda bisa melakukan latihan fisik cukup tiga kali dalam seminggu dengan durasi 10-15 menit saat pagi setelah sholat subuh atau sore hari selama 30 menit menjelang waktu berbuka puasa.

Baca Juga: Panduan Ibadah Ramadhan Kemenag Tak Barlaku di Zona Oranye dan Merah, Berikut Penjelasannya

Pilihan latihan, bisa berlari atau olahraga seperti sepak bola, atau latihan pembentukan otot. Listya mengingatkan Anda untuk sebelumnya melakukan pemanasan selama 10-15 menit, diikuti latihan inti dan pendinginan selama 5-10 menit.

Baca Juga: Hadiri Pelantikan PP PBSI Masa Bakti 2020-2024, Ini Target yang Dicanangkan Menpora

Setelahnya, seperti dikutip Hallobogor.com dari Antara, jangan lupa memeriksa denyut jantung Anda untuk mengetahui kemampuan maksimal kerja jantung. Caranya, dengan menghitung denyut nadi per 15 detik dan hasilnya dikali dengan empat.

Baca Juga: Bank Mandiri Terbitkan Kartu e-money Edisi Nasionalisme Dengan Tiga Tema Unik, Ini Harapannya

Halaman:

Editor: Satwika Rumeksa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X