Bahaya Cacar Api dan Cara Atasi di Masa Pandemi, Rentan Terjadi Terutama pada Wanita

- 9 April 2021, 08:44 WIB
Ilustrasi seseorang terkena cacar api atau herpes zoster .
Ilustrasi seseorang terkena cacar api atau herpes zoster . /Pexels/cottonbro

 

HALLO BOGOR - Selama lebih dari satu tahun berada dalam situasi pandemi Covid-19, daya tahan tubuh cenderung mengalami penurunan. Hal ini akibat stres psikis dan kelelahan yang berkepanjangan untuk selalu waspada terhadap Covid-19.

Oleh karena itu, pakar penyakit kulit dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV, mengungkapkan  seseorang menjadi lebih rentan terkena Herpes Zoster (HZ) atau cacar api di masa ini.

Umumnya HZ terjadi pada kelompok usia 45-64 tahun. Namun, saat ini tren kasus HZ cenderung terjadi pada usia yang lebih muda dan lebih sering terjadi pada wanita.

Baca Juga: Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Ini Koleksi Terbaru Rumah Mode Buttonscarves

“Kira-kira 30 persen populasi pernah mengalami HZ semasa hidupnya," kata dr. Anthony, yang juga CEO Klinik Pramudita pada keterangan tertulisnya, Kamis, 8 April 2021.

Baca Juga: Presiden Targetkan Investasi Rp2.800 Triliun, Ternyata Dari Sini Sumber Dananya

Mereka yang pernah terkena cacar air juga berisiko besar mengalami HZ, bila daya tahan tubuh lebih seperti lansia, penderita HIV/AIDS, pasien transplantasi organ dan penderita kanker, stres psikis, pasien pasca operasi dan pasien yang minum obat-obatan dengan efek dapat menekan sel imun tubuh.

Baca Juga: Ahok Berbagi Pengalaman dengan Gibran, Soal Tata Kota Sampai Gaya Kepemimpinan

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X