Begini Tanda-tanda Anak Boleh Terima MPASI Bila ASI Tidak Cukup, Catat Jadwal yang Tepat

- 2 Maret 2021, 18:34 WIB
MPASI paling tepat mulai diberikan kepada anak ketika air susu ibu sudah tidak mencukupi kebutuhan si kecil. /Pixabay/yalehealth

HALLO BOGOR - Konsultan Nutrisi & Penyakit Metabolik Anak FKUI-RSCM dr. Titis Prawitasari, Sp.A (K) mengulas segala sesuatu tentang makanan pendamping air susu ibu (MPASI).

Topik yang dibahas cukup lengkap dimulai dari kapan MPASI harus diberikan kepada anak hingga panduan rempah yang bisa ditambahkan.

Titis menjelaskan, MPASI paling tepat mulai diberikan kepada anak ketika air susu ibu sudah tidak mencukupi kebutuhan si kecil, maksimal ketika anak berusia enam bulan.

Baca Juga: Temukan Pelanggaran, Ini yang Dilakukan Satgas Terhadap Tiktok Cash dan Snack Video

Dia mengatakan, ASI sebetulnya cukup untuk memenuhi kebutuhan anak selama enam bulan dan itu bisa dilihat dari indikator tumbuh kembang yang baik.

Baca Juga: Positif Covid-19, 170 Penghuni Panti Asuhan Berkebutuhan Khusus di Malang

Namun dokter menilai bila ASI sudah tidak memenuhi kebutuhan anak meski belum genap enam bulan, makanan pendamping boleh diberikan.

Baca Juga: Doni Monardo Sebut Sulit Mencari Penyintas Covid-19 untuk Jadi Pendonor Plasma Konvalesen

"Tetapi jangan diberikan MPASI lebih dari enam bulan, setelah enam bulan ada kekurangan sekitar 200 kalori yang harus ditambahkan dari MPASI untuk menunjang tumbuh kembang yang optimal," kata Titis dalam bincang-bincang daring Tentang Anak, ditulis Senin, 1 Maret 2021.

Halaman:

Editor: Satwika Rumeksa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X