Aroma Khas Kabin Mobil Baru Berpotensi Sebabkan Kanker, Begini Penjelasannya

- 22 Februari 2021, 15:22 WIB
Ilustrasi interior mobil. /Dok. Hallo Media/Banny Rachman

HALLO BOGOR - Bau atau roma khas dari dalam kabin mobil baru berpotensi mengandung karsinogen (penyebab kanker) demikian menurut penelitian dari Universitas California Riverside di Amerika Serikat.

Orang yang mengemudikan mobil baru selama lebih dari 20 menit tiap hari, punya risiko terpapar karsinogen lebih tinggi, Demikian studi terbaru irilis dalam jurnal "Environment International" .

Komponen interior mobil merupakan bau dari berbagai bahan seperti plastik pada dashboard dan trim pintu, lem busa hingga bahan sintesis pelapis jok yang semuanya melalui proses kimia.

Baca Juga: 22 Perjalanan Kereta di Daop 3 Cirebon Kembali Dibatalkan, Ini yang Menjadi Alasan

Nah, bahan kimia yang masih menempeldi komponen secara perlahan-lahan dapat lepas ke udara, terhirup penumpang dan penumpang mobil.

Baca Juga: Lima Berita Terpopuler, dari Banjir di Jalan Tol, Tanggul yang Jebol hingga Sungai yang Meluap

"Zat kimia itu sangat mudah menguap (volatile), bergerak mudah dari plastik dan tekstil ke udara yang Anda hirup," kata ahli toksikologi lingkungan University California Riverside, David Volz yang iku dalam penulisan jurnal, diberitakan USA Today, Senin 22 Februari 2021.

Baca Juga: BMKG Ingatkan Waspada Potensi Banjir dalam Satu Dua Hari di Lima Provinsi Ini

Bahan kimia mudah terhirup jika dalam ruang tertutup seperi dalam mobil. Salah satu cara untuk megurangi bahan kimia yang menguap dan berbahaya adalah dengan membuka kaca jendela mobil agar udara bersirkulasi. Demikian seperti dikutip dari Antara.

Halaman:

Editor: Satwika Rumeksa

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X