Ini Tips Gunakan Masker yang Ampuh Menangkal Virus Versi Satgas Penanganan Covid

- 19 Februari 2021, 14:12 WIB
Masker medis tidak dirancang untuk digunakan 2 lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker. /Pixabay/Engin Akyurt

HALLO BOGOR - Penggunaan masker yang benar sebagai upaya disiplin protokol kesehatan terbukti ampuh mencegah masuknya virus ke dalam tubuh.

Baru-baru ini Centre for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat pada 13 Februari 2021, merekomendasikan cara baru memakai masker, yaitu masker ganda. Yaitu masker medis berlapis masker kain.

"Sebuah penelitian baru yang dilakukan di laboratorium, bahwa kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pemakainya, dan orang lain dibandingkan memakai masker kain saja atau masker medis saja," kata Wiku.

Baca Juga: Satu Orang Masih Hilang Pascalongsor Ngetos, 18 Korban Ditemukan Meninggal

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito itu menyampaikan perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis, 18 Februari 2021 yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Negara.

Baca Juga: Lima Berita Terpopuler, dari Program Hibah Pariwisata hingga Pedagang Gantung Diri

Namun, ada beberapa kombinasi masker yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Seperti menggunakan 2 masker medis secara bersamaan.

Baca Juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Tunjuk Komjen Agus Andrianto Jadi Kabareskrim

Sebab, masker medis tidak dirancang untuk digunakan 2 lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: Tim Komunikasi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekon


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X