Waspada Virus Covid bisa bertahan Selama Lebih dari Tujuh Hari di Masker, Begini Cara Sterilisasinya

- 16 Februari 2021, 22:40 WIB
Ilustrasi masker pelindung /Pixabay/Engin Akyurt

HALLO BOGOR - Virus Covid-19 masih mengancam warga dunia tidak terkecuali Indonesia. Sudah banyak diulas mengenai pentingnya penggunaan masker. Ratih Asmara Ningrum ilmuwan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan virus corona tipe SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 dapat bertahan tujuh hari di bagian dalam masker dan pada bagian luar masker bedah lebih tujuh hari di bagian luar masker bedah.

Dalam acara diskusi daring soal pengelolaan limbah masker pada pandemi Covid-19 yang disiarkan pada Selasa, 16 Februari 2021, Ratih mengemukakan SARS-CoV-2 punya stabilitas atau ketahanan yang berbeda pada setiap material di mana virus nmenempel.

Menurut Ratih peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, ketahanan virus di masker bedah di bagian dalam tujuh hari dan di bagian luar lebih dari tujuh hari.

Baca Juga: Hasil Uji Laboratorium Bioteknologi Terpadu Unhas Diakui Dunia, Ini yang Bisa Dilakukan

Dijelaskannya masker yang dipakai orang yang terpapar Covid-19 bagian dalamnya pasti bervirus juga masker yang dipakai oleh orang yang tidak terinfeksi bagian luarnya ada kemungkinan ada virus.

Baca Juga: Hanbok Kim So Hyun di Drama Korea River Where The Moon Rise Picu Perdebatan Sengit

Virus SARS-CoV-2 mampu bertahan sampai 12 hari pada alat pelindung diri yang berbahan plastik, 14 hari pada alat berbahan baja tahan karat, empat hari pada sarung tangan karet, enam hari pada sarung tangan nitrile, sehari untuk kain katun, dan paling lama 21 hari pada masker N95.

Baca Juga: Ini yang Harus Dilakukan, Jika Sudah Menerima Vaksin Namun Terpapar Covid-19

Untuk membunuh Virus yang menempel pada berbagai media ini bisa dimatikan melalui proses disinfeksi.

Halaman:

Editor: Satwika Rumeksa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X