Peneliti UNS Solo Ciptakan Inovasi Alat Penghancur Limbah Domestik Hingga Limbah Medis Covid-19

- 28 April 2021, 12:19 WIB
Prof. Pranoto dan peneliti UNS  lainnya ciptakan Pirolisis inovasi alat penghancur limbah domestik hingga limbah medis Covid-19 tanpa efek samping.
Prof. Pranoto dan peneliti UNS lainnya ciptakan Pirolisis inovasi alat penghancur limbah domestik hingga limbah medis Covid-19 tanpa efek samping. /Dok. Humas UNS

 

HALLO BOGOR - Sejumlah Peneliti Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ciptakan alat  inovatif berupa Pirolisis Limbah, penghancur limbah domestik dan limbah medis Covid-19 tanpa efek samping.

Peneliti yang tergabung dalam Analytical Chemistry Research Group ini ialah Prof. Dr. Pranoto. M.Sc., Dr. Khoirina Dwi N, S.Si., M.Si, Dr. Dian Maruto Widjonarko, S.Si., M.Si., dan Prof. Dwi Aries Himawanto.

Prof. Pranoto menuturkan, pembuatan pirolisis limbah dilatarbelakangi fakta banyaknya produksi sampah di Indonesia yang mencapai angka puluhan juta ton per tahun. Terlebih adanya limbah medis Covid-19 saat ini semakin menambah jumlah tersebut.

Baca Juga: Produk Ini Keluarkan Hand Care dari Wortel Buruk Rupa, Ternyata Ini Khasiatnya

Guru Besar Bidang Kimia Lingkungan Air ini pun menjelaskan, alat yang jadi setahun lalu itu dapat digunakan untuk melakukan pembakaran limbah atau sampah secara sempurna yang disebut dengan pirolisis. Yakni pembakaran tanpa efek samping dan tanpa luaran gas padat maupun cair.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Rabu dan Imsak Kamis untuk Bogor, 16 dan 17 Ramadhan 1442 H

Adapun yang dapat dibakar melalui alat ini meliputi berbagai zat organik maupun anorganik dari limbah domestik, medis, dan lain-lain. Seperti daun-daunan, batang, kayu, dan bonggol jagung untuk zat organik.

Baca Juga: Adopsi Kendaraan Listrik, Indonesia Menghemat Rp9.603 triliun, Begini Perhitungannya

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: Universitas Sebelas Maret


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X