Nominal Beasiswa KIP Untuk Kuliah 2021 Bakal Dinaikkan, Segini Besaran Angkanya

- 27 Maret 2021, 09:10 WIB
Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim memastikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup KIP Kuliah pada 2021 bakal dinaikkan.
Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim memastikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup KIP Kuliah pada 2021 bakal dinaikkan. /Instagram.com/@kemdikbud.ri

HALLO BOGOR - Kabar gembira bagi penerima atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk kuliah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim memastikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup KIP Kuliah pada 2021 bakal dinaikkan.

Menteri Nadiem mengatakan, bagi siswa-siswi lulusan SMA atau sederajat yang ingin mengikuti seleksi PTN seperti UTBK SBMPTN, sekarang adalah kesempatan bagi siswa kurang mampu tapi berprestasi. Bisa bermimpi untuk masuk ke program studi di kampus hebat di Indonesia.

“Jika ada siswa KIP Kuliah yang masuk ke program studi hebat di Indonesia, maka bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah hingga Rp12 juta per semester,” jelas Nadiem Makarim dalam “Peluncuran Merdeka Belajar episode 9 : KIP Kuliah Merdeka” yang dipantau di Jakarta, Jumat, 26 Maret 2021.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka Dibuka Juni 2021, Simak Dulu Syarat-syaratnya untuk Pembukaan

Anggaran skema KIP Kuliah pada 2021 sebesar Rp2,5 triliun. Biaya pendidikan yang sebelumnya besaran uang kuliahnya sebesar Rp2,4 juta per semester mengalami perubahan.

Baca Juga: DPR Minta Ketegasan Pemerintah Soal Aturan dan Kriteria Resmi Pendidik Honorer

Rincian perubahannya adalah, program studi terakreditasi A maksimal Rp12 juta per semester, program studi terakreditasi B maksimal Rp4 juta per semester, dan program studi terakreditasi C maksimal Rp2,4 juta per semester.

Baca Juga: Catat Ini Persyaratan Pendaftaran SBMPTN, Buruan Daftar Sebelum Tanggal 1 April 2021

Begitu juga untuk biaya hidup disesuaikan dengan indeks harga daerah. Sebelumnya biaya hidup Rp700.000 per bulan dan disamakan dengan semua daerah di seluruh Indonesia. Saat ini biaya hidup dibagi menjadi lima klaster.

Baca Juga: Jangan Buka Sekolah Tanpa Proses Ini, Berikut Adalah 5 Tahapan Pembukaan Sekolah

Halaman:

Editor: Wowo Ario Sungkowo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X