Berdayakan Petani Lokal, Pemkot Bogor Targetkan ASN Beli 850 Ton Beras Setiap Tahun

- 19 Juni 2021, 23:03 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin saat menghadiri panen raya di Kecamatan Tanjungsari beberapa waktu lalu.
Bupati Bogor Ade Yasin saat menghadiri panen raya di Kecamatan Tanjungsari beberapa waktu lalu. /Dok. bogorkab.go.id

 

HALLO BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat menyuarakan gerakan cinta produk sendiri. Hal tersebut diwujudkan dengan mendorong para Aparatur sipil negara (ASN) membeli beras dari petani lokal.

Pemkab Bogor manargetkan para ASN membeli 850 ton beras lokal bernama Carita Makmur dalam setahun demi pemberdayaan petani.

"Beras Carita Makmur yang diproduksi oleh 18 Gapoktan di Kabupaten Bogor dengan target 85 ton per bulan," ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor, Sity Nurianti di Cibinong.

Baca Juga: Polda Sumatera Utara Bentuk Tim untuk Buru Pelaku Penembakan Jurnalis di Simalungun

Lebih lanjut ia menjelaskan, program Gerakan Beli Beras Petani Bogor dilakukan pada masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bogor, Ade Yasin-Iwan Setiawan pada tahun 2019 berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang pembelian beras oleh ASN di Pemkab Bogor.

"Dilanjutkan dengan SPK Tanggal 17 Februari Tahun 2020 sebanyak 22 Kelompok Tani dan SPK Tanggal 17 Februari Tahun 2021 sebanyak 23 Kelompok Tani," ungkap Nurianti.

Ia juga menyebutkan bahwa setiap tahunnya target pembelian Beras Carita Makmur oleh ASN Kabupaten Bogor meningkat, seperti pada tahun 2022 sebanyak 875 ton dan tahun 2023 sebanyak 900 ton.

Baca Juga: Kampanye Imunitas Tubuh, Airlangga Hartarto Bawa Oleh-oleh 50.000 Butir Telur Ayam di Klaten

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X