Populasi Hampir 50 Juta, Ridwan Kamil Sebut Jabar Idealnya Miliki 40 Kabupaten/Kota

- 20 Desember 2020, 08:50 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. /Instagram.com/@baraya_ridwan.kamil

HALLO BOGOR - Pemekaran wilayah menjadi salah satu solusi dalam upaya meningkatkan pembangunan daerah di Jawa Barat (jabar). Hal tersebut dikatakan Gubernur Ridwan Kamil.

Dia juga menegaskan, Provinsi Jabar idealnya memiliki lebih dari 40 daerah (kabupaten/kota) sehingga pemekaran wilayah menjadi salah satu solusi dalam upaya meningkatkan pembangunan didaerahnya.

"Jadi ada hal-hal yang sedang kami perjuangkan dari sisi pelayanan publik dan ekonomi secara politik yaitu pemekaran wilayah. Jadi kami berharap Jabar idealnya memiliki lebih dari 40 daerah (kabupaten/kota)," kata Ridwan Kamil. Rabu 15 Desember 2020 lalu.

Baca Juga: Ini yang Allah SWT Perintahkan Jika Dua Orang Kaum Muslimin Berselisih

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, populasi menjadi sumber dari dinamika dan masalah pembangunan di provinsi dengan populasi hampir 50 juta jiwa per tahun 2019.

Peraialannya, sambung Kang Emil, penduduk akan berebut sumber daya, tata ruang, sekolah berkualitas, fasilitas kesehatan, hingga transportasi. Untuk itu, pengendalian populasi menjadi salah satu solusi dinamika pembangunan di Jabar.

"Tugas kami sebagai pemerintah adalah menyiapkan keseimbangan antara perebutan sumber daya tersebut," jelas Kang Emil. Seperti yang.dikutip hallobogor.com dari Antara.

Baca Juga: Menjelang Tahun Baru 2021, Polres Sukabumi Kota Sidak Persediaan dan Harga PanganK

Dia juga memamaparkan, Jabar memiliki jumlah penduduk yang hampir sama dengan negara Korea Selatan dan dua kali lipat penduduk Australia. Karena provinsi Jabar berpenduduk terbesar di Indonesia.

Halaman:

Editor: Asep Saeful Hidayat

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X