Alasan Vietnam Mengancam akan Tutup FB terkait Konten Politik

- 22 November 2020, 15:56 WIB
Vietnam mengancam akan memblokir Facebook jika tidak tunduk terhadap tekanan pemerintah untuk menyensor lebih banyak konten politik lokal di media sosial tersebut. /Pixabay

HALLO BOGOR - Vietnam mengancam akan memblokir Facebook jika tidak tunduk terhadap tekanan pemerintah untuk menyensor lebih banyak konten politik lokal di media sosial tersebut.

Sebelumnya Facebook sudah memenuhi permintaan pemerintah pada April untuk meningkatkan sensornya terhadap unggahan "anti-negara" bagi pengguna lokal dan pada bulan Agustus pemerintah Vietnam meminta lagi untuk meningkatkan pembatasan unggahan penting.

Baca Juga: Moeldoko Sebut Ada Akun Palsu Dirinya Sebarkan Hoaks Via Facebook

"Kami membuat kesepakatan pada April. Facebook telah mendukung perjanjian dan kami pun berharap pemerintah Vietnam melakukan hal yang sama," kata pejabat senior Facebook yang berbicara tanpa menyebut nama kepada Reuters.

"Mereka telah kembali kepada kami dan berusaha agar kami meningkatkan volume konten yang kami batasi di Vietnam. Kami telah memberi tahu mereka tidak (akan melakukan itu). Permintaan itu datang dengan beberapa ancaman tentang apa yang mungkin terjadi jika kami tidak melakukannya," tambahnya.

Lanjutnya menjelaskan bahwa Pemerintah Vietnam mengancam akan memblokir semua akses Facebook do Vietnam.

Diketahui, Vietnam adalah salah satu pasar utama Facebook yang dimana Facebook memiliki sekitar 60 juta pengguna disana dan memperoleh pendapatan hampir 1 miliar dolar AS di negara itu.

Baca Juga: Aparat Sudah di Lokasi Kapal Besar Karam yang Terekam Google Map

Meskipun telah melakukan reformasi ekonomi dan meningkatkan keterbukaan terhadap perubahan sosial, di Vietnam Partai Komunis tetap berkuasa dalam mengontrol ketat atas media dan hanya mentoleransi sedikit oposisi. Dimikian dikutip Hallobogor.com dari Antara.

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X