Ahli Ungkap Tingkat Kemanjuran Vaksin Novavax terhadap Varian Covid Afrika Selatan, Ini Penjelasannya

- 6 Mei 2021, 12:09 WIB
Vaksin Novavax.
Vaksin Novavax. /REUTERS/Dado Ruvic

 

HALLO BOGOR - Varian baru Covid-19 yang berasal dari Afrika Selatan, atau dikenal dengan nama B1351, membawa mutasi yang mengancam kemajuran vaksin Covid-19.

Oleh karena itu, sebagian besar pembuat vaksin, termasuk Novavax yang diproduksi Novavax Inc sedang menguji versi vaksin mereka untuk melindungi dari varian yang muncul.

New England Journal of Medicine menerbitkan analisis tingkat lanjut Novavax, bersama dengan data lengkap dari uji coba perusahaan di Afrika Selatan.

Baca Juga: Lima Terrpopuler, dari Pemudik Sepeda Motor hingga Prokes di Masjid Amanah yang Sempat Viral

Studi ini mencakup hampir 2.700 sukarelawan yang sebelumnya tidak terinfeksi virus corona.

Adapun hasilnya adalah vaksin Covid-19 Novavax Inc memiliki kemanjuran 51% terhadap infeksi yang disebabkan oleh varian Afrika Selatan di antara orang-orang yang tak terinfeksi HIV (virus yang menyerang kekebalan).

Lalu 43% dalam kelompok yang mencakup orang-orang yang positif HIV, berdasarkan analisis baru yang diterbitkan tersebut pada Rabu, 5 Mei 2021.

Baca Juga: Warga yang Nekad Mudik ke Kabupaten Bogor Wajib Jalani Karantina Lima Hari

Sementara hasil yang diumumkan pada Januari menunjukkan kemanjuran 60,1% terhadap gejala Covid-19 dalam percobaan di Afrika Selatan yang mengamati campuran virus asli dan varian Afrika Selatan di antara mereka yang negatif HIV.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X