Rasis Anti Asia Meningkat di Negeri Paman Sam, Begini Himbauan Konsul Jenderal RI bagi WNI di AS

- 7 April 2021, 18:52 WIB
Konsul Jenderal RI Chicago Meri Binsar Simorangkir. /Twitter.com/@INAinChicago

 

HALLO BOGOR - Meningkatnya aksi rasis kekerasan terhadap orang-orang keturunan Asia di Amerika Serikat (AS) membuat Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) Chicago mengeluarkan imbauan.

Imbauan untuk warga negara Indonesia (WNI) di wilayah Mildwest khususnya itu berisi agar merespons tindakan rasis tersebut dengan tetap bersikap tenang namun harus selalu waspada.

Hal itu disampaikan Konsul Jenderal RI Chicago Meri Binsar Simorangkir dalam Perayaan Paskah bersama masyarakat Kristiani Indonesia, di Indonesian Christian Church (ICC) di Plymouth, Michigan dan dalam pertemuan dengan perwakilan WNI di Cleveland, Ohio.

Baca Juga: Begini Cara Gubernur Khofifah Tenangkan Warga Jawa Timur Terkait Adanya Larangan Mudik Tahun Ini

Meri mengingatkan agar masyarakat Indonesia bisa menjaga diri dan tidak memancing tindak kekerasan misalnya menggunakan perhiasan berlebihan. Jangan juga membawa uang tunai dalam jumlah besar, dan hindari berjalan sendirian di tempat gelap.

Baca Juga: Usai Kalah Telak di Liga Inggris, Performa Chelsea Kembali Diuji FC Porto di Leg Pertama Liga Champions

“Tidak lupa, selalu laporkan kejadian yang dianggap membahayakan ke pihak berwajib serta KJRI. Sedapat mungkin dokumentasikan, serta ingat dengan baik kronologi dan deskripsi pelaku,” ujar Konjen Meri dalam keterangan tertulis KJRI Chicago, Rabu.

Baca Juga: Kore Utara Putuskan Absen di Olimpiade Tokyo 2021, Korea Selatan Beri Tanggapan Ini

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X