Ini Dia, Satelit Pertama di Ruang Angkasa Dilengkapi Magnet untuk Mengumpulkan Sampah

- 6 April 2021, 21:14 WIB
Ilustrasi satelit Bumi. /Pixabay/PIRO4D

HALLO BOGOR - Sebuah satelit diberi nama ELSA-d buatan perusahaan Astroscale, Jepang, akan diluncurkan dari Kazakhstan dengan roket Soyuz Rusia, pukul 06.07 GMT, akhir Maret 2021 silam.

Satelit pertama di dunia dilengkapi dengan magnet berkekuatan tinggi untuk mengumpulkan sampah luar angkasa akan diluncurkan akhir pekan ini.

Bobot satelit itu 200kg, terdiri dari dua komponen yang akan melakukan serangkaian tes di luar angkasa untuk menguji kemampuan mengambil sampah dengan mekanisme magnet.

Baca Juga: Nilai Tukar Dolar AS Merosot ke Posisi Terendah dalam Satu Minggu Terakhir, Ini Alasannya

Misi tersebut, yang dilisensikan oleh Badan Antariksa Inggris, bertindak sebagai uji kasus untuk melisensikan misi masa depan untuk menghilangkan pesawat ruang angkasa yang tidak berfungsi dan pecahan puing-puing.

Baca Juga: Tim Peneliti Inggris Sebut Puasa Ramadhan Aman di Masa Pandemi, Begini Hasil Temuannya

Menurut Badan Antariksa Eropa (ESA), ada sekitar 9.200 ton puing luar angkasa - yang didefinisikan sebagai benda buatan manusia yang telah terfragmentasi dari pesawat ruang angkasa dan sekarang mengambang tanpa tujuan di atas Bumi.

Peluncuran itu menurut Astroscale akan menandai misi komersial pertama di dunia untuk 'mendemonstrasikan teknologi inti yang diperlukan mencari dan mengumpulkan dan puing-puing benda ruang angkasa yang dikirim daei bumi - akan disiarkan secara langsung.

Baca Juga: Baru 22 Persen Sekolah Lakukan Pembelajaran Tatap Muka, Begini Saran Kemendikbud

Halaman:

Editor: Satwika Rumeksa

Sumber: Daily Mail


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X