China Ingin Hubungannya dengan Amerika Serikat di bawah Joe Biden Segera Pulih

- 22 Januari 2021, 19:12 WIB
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying. /Facebook.com/ Dok. Kementerian Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok

HALLO BOGOR - Usai dilantiknya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat pada Rabu (20/21), Pemerintah China berharap hubungan antar kedua negara menjadi lebih baik.

"China mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden AS Joe Biden dan menyerukan kebangkitan kembali kemitraan China-AS," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying di Beijing, Kamis 21 Januari 2021.

Hua juga mengapresiasi Joe Biden atas beberapa kebijakan barunya, seperti  AS kembali menyetujui Kesepakatan Paris dan kembali sebagai anggota aktif di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Media di AS menggambarkan pelantikan Presiden AS Joe Biden sebagai lembaran yang baru dalam sejarah AS. Memang, China dan AS berhak mendapatkan masa depan yang lebih baik setelah masa-masa sulit dan tidak biasa," lanjutnya.

Baca Juga: Batalkan Sejumlah Kebijakan Trump, Biden Teken Kebijakan Baru Soal Pandemi Covid

Baca Juga: Jubir Kemlu China Sebut Semakin Ditekan Amerika, Rakyatnya Semakin Bersatu

Baca Juga: Menentang Ekspansi Tiongkok, AS Memperbarui Angkatan Laut di Laut China Selatan

Seperti diketahui, hubungan bilateral China-AS terganggu dalam empat tahun terakhir karena adanya beberapa politikus AS yang mendorong aliansi anti-China.

Namun begitu, Jubir Kemenlu China itu merasa yakin adanya "Dewi Fortuna" (keberuntungan) yang menaungi kedua negara dengan pemerintahan AS yang baru.

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X