China Umumkan akan Berikan Vaksin Covid untuk Myanmar Secara Gratis

- 12 Januari 2021, 20:25 WIB
Menteri Luar Negeri China Wang Yi (kiri) bersama dengan Penasehat Negara Myanmar Daw Aung San Suu Kyi (kiri) di Aula Istana Kepresidenan Nay Pyi Taw, Myanmar.  /Facebook.com/Myanmar State Counsellor Office

HALLO BOGOR - Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengumumkan bahwa negaranya akan memberikan sejumlah vaksin Covid-19 secara gratis kepada Myanmar. Hal itu ia umumkan setelah mengakhiri kunjungan selama dua hari di Negeri Seribu Pagoda tersebut.  

"China akan terus menyediakan bahan anti epidemi sesuai dengan kebutuhan Myanmar,” kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan, pada Selasa 12 Januari 2021.

“Kami akan memberikan sejumlah vaksin virus corona secara gratis dan akan melanjutkan diskusi tentang kerja sama vaksin," tambahnya.

Baca Juga: Siang Ini Datang Lagi dari China, 15 Juta Dosis Vaksin Sinovac dalam Bentuk Curah

Baca Juga: Begini Fatwa MUI Pusat Terkait Kehalalan Vaksin Covid-19 Produksi Sinovac dari China

Selain mengumumkan pemberian sejumlah vaksin gratis, Kementrian juga menyampaikan bahwa ditengah kunjungan ke Myanmar Menlu Wang Yi bertemu dengan panglima tertinggi militer Myanmar Jenderal Senior Min Aung Hlaing.

Hal itu bertujuan agar militer Myanmar turut mendukung Koridor Ekonomi China-Myanmar. Koridor yang dimaksud adalah jaringan proyek transportasi dan infrastruktur yang melintasi daerah di mana faksi etnis minoritas saling berperang dengan pasukan pemerintah.

Pertempuran di timur laut Myanmar terkadang menyebabkan para pengungsi melarikan diri dari perbatasan ke China. Demikian seperti dikutip Hallobogor.com dari Antara.

Baca Juga: Menentang Ekspansi Tiongkok, AS Memperbarui Angkatan Laut di Laut China Selatan

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X