Wakatobi Cagar Biosfer Dunia dan Surga Pecinta Diving, Berikut Empat Spot Menyelam Favorit

- 15 April 2021, 21:38 WIB
Wakatobi surga diving kelas dunia.
Wakatobi surga diving kelas dunia. /Dok. KKP.go.id

HALLO BOGOR - Wakatobi diapit oleh perairan laut Buton, laut Banda, dan laut Flores, Wakatobi yang merupakan akronim dari empat pulau di tenggara Sulawesi yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko ini memiliki ragam keindahan yang menarik jika dilihat dari segala sisi.

Wakatobi juga telah ditetapkan oleh UNESCO pada 2012 sebagai cagar biosfer dunia yang terbagi menjadi tiga zona Pertama, berupa core area (area inti) sebagai kawasan konservasi.

Kedua, buffer zone (zona penyangga) untuk melindungi area inti dari dampak negatif kegiatan manusia, dan ketiga, transition zone (zona transisi) untuk pengelolaan sumber daya alam dan model pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga: Melly Goslaw Bantu Promosikan Produk UMKM Lewat Endorse Gratis di Instagram, Ini Syaratnya

Dengan ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia, Wakatobi pun akan menjadi laboratorium pembelajaran yang sangat berharga bagi para peneliti, pelajar dan mahasiswa, pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor swasta, serta stakeholder lainnya.

Baca Juga: Joe Taslim akan Mainkan Karakter Ini pada Film Hollywood yang Berjudul 'Mortal Kombat'

Wakatobi yang ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia sejak 2012, memiliki 750 jenis spesies karang (koral) dari 850 jenis koral di dunia. Hal ini menjadikan Wakatobi sebagai jantung segitiga emas karang dunia sekaligus surga para pecinta diving.

Baca Juga: Beckham Kembali Merumput di Serial ‘Save Our Squad’, Ini Peran yang Dimainkannya

Berikut ini empat spot menyelam favorit dari spot untuk pemula hingga ahli, seperti dikutip Hallobogor.com dari akun Instagram @kemenparekraf.ri, Rabu, 14 April 2021.

Halaman:

Editor: Wowo Ario Sungkowo


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X