Hore, UMKM dan Pencari Kerja Dapat bantuan 11 Juta Dolar AS dari Google

- 19 November 2020, 11:04 WIB
Google Bantu UMKM Indonesia.
Google Bantu UMKM Indonesia. /Pexels/PhotoMIX Company

HALLO BOGOR - Perusahaan teknologi Google, bantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pencari kerja tanah air dengan memberikan pinjaman modal dengan total 11 juta dolar AS atau sekitar Rp150 miliar.

Hal itu diungkapkan Google lewat gelaran tahunan Google for Indonesia yang kelima secara virtual, dengan tujuan membantu pemulihan ekonomi di Indonesia saat pandemi Covid-19, di pada Rabu 18 November 2020.

Dari bantuan dana tersebut, Google menginvestasikan 10 juta dolar AS melalui kemitraan dengan platform pinjaman online, Kiva, bagi UMKM di seluruh daerah. Selain itu, ada juga hibah senilai 1 juta dolar AS kepada Yayasan Plan International Indonesia untuk mengatasi pengangguran anak muda di Indonesia dari lengan filantropi Google, Google.org.

Baca Juga: Aparat Sudah di Lokasi Kapal Besar Karam yang Terekam Google Map

"Melalui kemitraan dengan Kiva, Google memberikan modal kepada para penyedia layanan keuangan untuk menyediakan pinjaman kepada UKM yang paling terdampak oleh pandemi COVID-19 di komunitas-komunitas yang kurang terlayani di Indonesia," ujar Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf.

Perlu diketahui, bahwa tidak semua negara berkesempatan untuk mendapatkan dana pinjaman yang dialokasikan untuk UMKM, hanya 10 negara yang mendapatkannya dan Indonesia salah satunya.

Google menilai bahwa Indonesia adalah negara dengan ekonomi yang potensial dan sangat dipengaruhi dunia digital.

“Kami ingin membantu Indonesia dalam mewujudkan potensi ekonominya melalui pelatihan dan kemitraan yang berkelanjutan bersama pemerintah, industri, dam organisasi masyarakat sipil,” jelas Randy. Sebagaimana dikutip Hallobogor.com dari Antara. 

Baca Juga: Pulihkan Ekonomi, Pemerintah Terus Berupaya Bangkitkan Sektor UMKM

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X