Kemenperin Pacu Industri Kecil Menengah Pangan Jabar Ciptakan Peluang Pasar Lokal dan Global

- 16 Juli 2021, 15:27 WIB
Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih.
Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih. /Dok. Kemenperin.go.id

HALLO BOGOR - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mendukung Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk dapat meningkatkan daya saingnya menuju pasar global

Hal ini dilakukan dengan mempersiapkan rencana jangka panjang untuk membangun branding yang positif, terus berinovasi, serta mampu membaca tren pasar global.

“Kami berharap IKM dapat memasok kebutuhan lokal dan pasar global melalui program peningkatan penggunaan produk dalam negeri yang didukung dengan kerjasama antarkementeriandan lembaga,” ucap Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih, Kamis 15 Juli 2021.

Baca Juga: Pemerintah Arab Saudi Berlakukan Syarat Ketat, Hanya 371 WNI akan Mengikuti Ibadah Haji 2021

Sehari sebelumnya, Ditjen IKMA Kemenperin menggelar Talkshow Peluang Pasar Dalam Negeri dan Ekspor Produk IKM Pangan di Provinsi Jawa Barat yang bertujuan memberikan informasi kepada pelaku IKM di wilayah tersebut mengenai peningkatan peluang pasar dalam negeri serta ekspor, khususnya bagi produk IKM makanan dan minuman.

Gati memaparkan, IKM memiliki peluang besar di pasar dalam negeri. Pasalnya, penggunaan produk dalam negeri pada belanja pemerintah menjadi wajib jika Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produk tersebut mencapai 40%. 

Ia berharap, peluang belanja barang dan belanja modal pemerintah pada APBN tahun 2021 yang mencapaiRp609,3 Triliun dapat dioptimalkan sebagai peluang pasar produk dalam negeri.

Baca Juga: Ade Yasin Segera Salurkan Bantuan 2.500 Paket Sembako dari TF-TJSL kepada Masyarakat

“Ini merupakan kesempatan IKM untuk bisa mendapatkan manfaat dari potensi belanja pemerintah yang cukup besar tersebut,” kata Gati.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: Kementerian Perindustrian RI


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X