Bank Indonesia Bakal Menerbitkan Mata Uang Rupiah dalam Bentuk Digital, Begini Rencananya

- 26 Mei 2021, 12:17 WIB
Gubernur BI Perry Warjiyo.
Gubernur BI Perry Warjiyo. /Dok. Dpm-ptsp.surabaya.go.id

HALLO BOGOR - Bank Indonesia (BI) membeberkan rencana untuk menerbitkan mata uang rupiah dalam bentuk digital yang telah diwacanakan sejak lama.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, tahapan perancangan serta rencana pengedaran mata uang digital ini sedang dalam proses pembahasan.

"Dalam konteks itu, BI merencanakan menerbitkan central bank digital, digital currency rupiah, sebagai alat pembayaran yang sah di NKRI," ungkap Perry.

Baca Juga: Klub Besar Sepak Bola yaitu Real Madrid, Barcelona dan Juventus Mulai Diproses Hukum UEFA

Lebih lanuut Perry menjelaskan, pemanfaatan dan penggunaan mata uang digital ini nantinya hampir serupa dengan uang kertas maupun uang berbasis debit maupun kredit yang selama ini sudah berjalan.

Saat ini, tambah dia, bank sentral sedang mengkaji juga pelaksanaan kebijakan moneter, makroprudensial maupun sistem pembayaran dengan menggunakan mata uang digital.

Baca Juga: Panduan Ibadah Haji 1442 H, Berikut Protokol Kesehatan yang Harus Dilakukan Jamaah

Selain itu, Bank Indonesia juga mempertimbangkan teknologi mata uang digital yang akan dipergunakan berkaca dari pengalaman bank sentral negara-negara lain termasuk perumusan platform yang akan digunakan.

"BI melakukan ini karena mempunyai kewenangan menerbitkan alat pembayaran yang sah di Indonesia menurut UUD, yang dijabarkan dalam UU BI dan UU Mata Uang," ujar Perry.

Baca Juga: PT Adhi Karya Sudah 77 Persen Kerjakan Proyek LRT Jabodebek, Target Operasi pada Juli 2022

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X