Sektor Penerbangan Terdampak Covid-19, Begini Strategi yang Disarankan Menteri Perhubungan

- 17 April 2021, 07:15 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Twitter.com/@setkabgoid/BPMI

HALLO BOGOR - Pandemi Covid-19 mengimbas semua aspek usaha. Tak terkecuali sektor penerbangan, sehingga diperlukan terobosan-terobosan untuk mengambalikan atau tetap bertahan dibawah tekanan-tekanan terhadap suatu usaha.

Saran Menteri Perhubungan (Manhub) Budi Karya Sumadi,  mendorong kolaborasi pemangku kepentingan sektor penerbangan melalui digitalisasi serta pengembangan bisnis nonaeronautika sebagai strategi tetap bertahan bagi industri penerbangan saat pandemi COVID-19.

"Strategi ini harus dikembangkan dengan baik karena itu bisa menambah pendapatan dan menetralisir tekanan-tekanan terhadap suatu usaha, termasuk sektor penerbangan," katanya dalam webinar "Proyeksi Pemulihan Sektor Penerbangan Menuju Normal Baru" di Jakarta.

Baca Juga: Kisah Soimah Pancawati yang Inspiratif Jadi Idola Para Sopir Truk, Begini Ceritanya

Menhub juga mendorong kolaborasi para maskapai dengan organisasi penerbangan dunia seperti International Civil Aviation Organization (ICAO) dan International Air Transport Association (IATA).

Baca Juga: Diberitakan akan Bagi-bagi Hadiah Ribuan Jam Tangan Pintar, Begini Penjelasan Indomie

Kolaborasi difokuskan pada pengembangan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, pemeriksaan kesehatan, layanan touchless, dan penyemprotan disinfektan agar semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat bepergian menggunakan pesawat di tengah pandemi.

Baca Juga: Ombudsman Buka Layanan Online untuk Laporan Permasalahan Pelayanan Publik, Simak Caranya

Dijelaskan Budi, upaya lain yang dapat dilakukan untuk bertahan di tengah pandemi ini yaitu dengan mengoptimalkan slot time penerbangan, serta mengaktifkan kembali rute-rute domestik yang sempat tidak beroperasi.

Baca Juga: Platform Medsos Instagram akan Sembunyian Fitur Like, Begini Sikap Penggunanya

Halaman:

Editor: Fidelis Batalinus

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X