Pemerintah Akan Bebaskan Harga Elpiji 3 Kilogram dan Minyak Tanah, Begini Detil Kebijakannya

- 15 April 2021, 09:16 WIB
Gas elpiji tabung 3 kg yang akan dicabut subsidinya.
Gas elpiji tabung 3 kg yang akan dicabut subsidinya. /Dok. Pikiran Rakyat/Ririn NF

 

HALLO BOGOR- Untuk menekan anggaran subsidi yang semakin besar, akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan perubahan skema pemberian subsidi elpiji tiga kilogram dan minyak tanah. Subsidi yang semula berbentuk barang atau komoditas menjadi subsidi langsung berbasis rumah tangga penerima.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu dalam Rapat Badan Anggaran DPR mengatakan pemerintah menggunakan mekanisme transformasi kebijakan fiskal agar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Transformasi subsidi berbasis orang dalam konteks elpiji, misalnya, ini diarahkan ke program perlindungan sosial. Kami berharap ini bisa dilakukan mulai tahun 2022," jelas Febrio Kacaribu.

Baca Juga: Perusahaan China Akan Bangun Investasi Ini di Papua Barat, Sudah Kontrak dengan BKPM

Selama ini kata dia, subsidi elpiji tiga kilogram masih belum tepat sasaran karena selisih harga jual eceran dan patokan mencapai Rp7.000 per tabung.

Baca Juga: Jadi Saksi Kasus Rizieq Shihab, Bima Arya Sebut RS UMMI Tak Kooperatif Terkait Swab Test

Sedangkan subsidi komoditas menyebabkan elpiji tiga kilogram bisa dibeli bebas oleh masyarakat, termasuk kalangan menengah hingga atas.

Baca Juga: BI Laporkan Peredaran Uang Palsu Selama 2020 Pengalami Penurunan, Ini Penyebabnya

"Kalangan yang menikmati subsidi itu justru yang tidak berhak menerima. Kondisi ini yang ingin kami perbaiki ke depan," ungkap Febrio seperti dikutip Hallobogor.com dari Antara.

Halaman:

Editor: Satwika Rumeksa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X